Rabu 31 May 2023 07:05 WIB

Ciamis Creative Festival 2023 Promosikan Produk Lokal

Di Ciamis Creative Festival ini pun ada agenda bursa kerja.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau salah satu stan di Ciamis Creative Festival 2023 yang digelar di halaman Gedung KH Irfan Hielmy, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (30/5/2023).
Foto: Dok. Humas Pemkab Ciamis.
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau salah satu stan di Ciamis Creative Festival 2023 yang digelar di halaman Gedung KH Irfan Hielmy, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (30/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS — Dalam rangka peringatan hari jadi ke-381 Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pemerintah daerah menggelar Ciamis Creative Festival 2023. Kegiatan yang dimulai sejak 28 Mei hingga 4 Juni 2023 itu digelar di halaman Gedung KH Irfan Hielmy, Islamic Centre Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, Ciamis Creative Festival merupakan kegiatan yang memadukan pameran pembangunan dan promosi produk atau jasa dari berbagai sektor. 

Festival ini diisi berbagai produk, antara lain dari sektor UMKM, budaya, pariwisata, ekonomi kreatif, perbankan, dan industri.

“Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, terutama para pelaku usaha, dapat dijadikan ajang promosi bahwa produk dan kerajinan lokal kita tidak kalah dengan pengusaha luar Ciamis,” ujar Bupati, Selasa (30/5/2023).

 

Bupati pun berharap Ciamis Creative Festival dapat memberikan motivasi dan edukasi dalam pengembangan ekonomi kreatif. Selain itu, ajang tersebut diharapkan membantu membuka peluang usaha baru yang dibutuhkan masyarakat.

“Ciamis sungguh luar biasa, mempunyai potensi yang banyak, yang jika digali, dikembangkan, bisa menunjang perekonomian di Kabupaten Ciamis,” kata Bupati.

 

photo
Sejumlah pencari kerja mengantre saat akan melamar pekerjaan di Ciamis Job Fair, yang digelar saat Ciamis Creative Festival, Selasa (30/5/2023). - (Antara Foto/Adeng Bustomi)

 

Selain pameran produk dan pertunjukan seni budaya, di Ciamis Creative Festival ini juga dibuka agenda bursa kerja. Menurut Bupati, ada sekitar 15 perusahaan yang berpartisipasi dalam agenda bursa kerja itu, baik BUMN, BUMD, maupun perusahaan swasta.

Pada agenda bursa kerja kali ini disebut tersedia sekitar 1.250 lowongan. Bupati mengatakan, warga yang belum bekerja di Kabupaten Ciamis kurang lebih 66 ribu orang. 

Dengan agenda bursa kerja kali ini, diharapkan tenaga kerja yang tersedia bisa diserap dunia kerja. “Mudah-mudahan dapat membantu masyarakat di Kabupaten Ciamis, meskipun dicicil, setahap demi setahap,” kata Bupati.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement