Kamis 08 Jun 2023 14:25 WIB

Wika Belum Tahu Baut dan Kabel Tembaga Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dicuri

Wika akan mengecek apakah baut yang dicuri milik mereka atau bukan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Karta Raharja Ucu
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.  Baut dan kabel tembaga kereta cepat hilang dicuri.
Foto:

Polisi Tangkap Enam Pelaku Pencurian Baut Kereta Cepat

Prasetyo menyampaikan, pada awalnya ditangkap empat pelaku pencurian di lokasi proyek kereta api cepat itu di wilayah Kecamatan Ciampel. Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan itu berkembang, dan polisi langsung mengamankan serta melakukan penangkapan dua pelaku lainnya di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur.

"Kini keenam pelaku itu ditahan di Mapolres Karawang," kata Prasetyo.

Polisi menyita sejumlah barang bukti dari penangkapan itu, di antaranya dua buah gergaji besi, satu buah gergaji biasa, empat buah rompi, satu karung kabel tembaga, satu kendaraan roda empat dan satu kunci pipa besar (pelepas baut).

Sementara itu, aksi pencurian baut dan kabel tembaga proyek kereta api cepat itu terjadi saat dilakukan pemadaman listrik di jalur rel kereta api cepat tersebut. Pelaku yang merupakan petugas keamanan proyek membocorkan informasi pemadaman listrik itu, untuk melancarkan pada pelaku melakukan aksinya. Atas perbuatannya, kata dia, para pelaku diancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara, serta Pasal 480 KUHP dengan ancaman empat tahun kurungan penjara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement