Ahad 11 Jun 2023 13:13 WIB

Ribuan Orang Bersih-Bersih Pantai Talanca Sukabumi

Bersih-bersih dilakukan di kawasan pantai sepanjang kurang lebih dua kilometer.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kegiatan bersih-bersih di kawasan pantai.
Foto: Dok. Republika
(ILUSTRASI) Kegiatan bersih-bersih di kawasan pantai.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dilakukan kegiatan bersih-bersih kawasan pantai. Kali ini yang menjadi sasaran kawasan Pantai Talanca di Desa Loji, Kecamatan Simpenan.

Aksi bersih-bersih itu digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan PT PLN Indonesia Power. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 1.300 peserta dari berbagai unsur masyarakat, pegiat lingkungan, pelajar, juga jajaran Pemerintah Kabupaten Sukabumi, personel Polri dan TNI.

Baca Juga

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar dalam rangka mencegah, mengurangi, dan mengendalikan pencemaran lingkungan, terutama pencemaran laut,” kata Kepala DLH Kabupaten Sukabumi Teja Sumirat, Ahad (11/6/2023).

Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan pada Sabtu (10/6/2023) itu diharapkan dapat mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya kawasan pantai.

Selama ini sampah menjadi salah satu persoalan di Pantai Talanca. Bulan lalu dilaporkan sampah menumpuk di kawasan pantai tersebut.

Teja mengatakan, Pemkab Sukabumi akan berupaya rutin mengajak masyarakat membersihkan kawasan pantai, termasuk di bagian muara sungai. Dengan upaya ini, kata dia, diharapkan kawasan pantai terjaga kebersihannya dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan, aksi bersih-bersih di Pantai Talanca ini dilakukan di area sepanjang kurang lebih dua kilometer. Ia mengapresiasi kegiatan yang melibatkan ribuan orang dari berbagai unsur ini.

Iyos berharap dengan sinergi dan kolaborasi dari berbagai unsur ini kawasan pantai dan pesisir Kabupaten Sukabumi akan terjaga kebersihannya, terbebas dari sampah, dan menjadi asri.

Ia mendorong aksi bersih-bersih ini dilakukan secara rutin dengan melibatkan berbagai unsur. “Mudah-mudahan Pantai Talanca setelah dilakukan kegiatan bersih-bersih ini akan bersih selamanya,” ujar Iyos. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement