Jumat 23 Jun 2023 10:20 WIB

Para Warga Cimahi Diingatkan Relawan GMP Pentingnya IVA untuk Cegah Kanker Serviks

Pap smear sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendeteksi gejala kanker serviks.

GMP menggandeng penyuluh dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk memaparkan materi soal IVA di Cimahi, Jawa Barat.
Foto: Dok. Gmp
GMP menggandeng penyuluh dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk memaparkan materi soal IVA di Cimahi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- CIMAHI -- Salah satu kendala dari deteksi dini kanker serviks atau leher rahim adalah adanya rasa takut dari masyarakat ketika harus menjalani pap smear atau tes pap dan IVA (inspeksi visual asam asetat). Seperti dinukil dari Antara, Jumat (23/6/2023), Tes pap smear sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendeteksi gejala kanker serviks. Sebab, infeksi human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan kanker serviks kerap baru bergejala ketika kanker sudah mencapai stadium lanjut. Gejala kanker serviks stadium lanjut diantaranya adalah keluar darah saat berhubungan seksual dan keputihan yang bercampur darah.

Deteksi dini bermanfaat dalam mencegah infeksi HPV berkembang menjadi kanker serviks. Menyadari hal itu, kelompok muda relawan GMP, menggelar penyuluhan dan konsultasi pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) untuk mencegah kanker serviks pada Kamis (22/6/2023).  Penyuluhan dilakukan di salah satu kafe di daerah Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat (Jabar). GMP menggandeng penyuluh dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) untuk memaparkan materi soal IVA. 

Baca Juga

IVA sendiri merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat.

Koordinator Daerah GMP Cimahi, Randry Adryan Setiawan menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya pemeriksaan IVA. 

"Ini (kanker serviks) merupakan penyakit yang diidap oleh perempuan. Untuk kegiatan hari ini diikuti oleh kaum perempuan yang antusias, merasa aware dan peduli terhadap kesehatan mereka," kata Randry. 

Kegiatan ini dihadiri ratusan perempuan dengan berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswi, ibu rumah tangga, guru, hingga pengemudi ojek online. Mereka datang dari berbagai wilayah di Cimahi. 

Selain penyuluhan soal IVA, dalam kegiatan tersebut juga para peserta diberikan edukasi perihal penyebab timbulnya kanker serviks pada perempuan, serta gejala-gejala yang ada saat kanker mulai timbul di dinding rahim. 

"Dengan diadakannya kegiatan ini oleh GMP ini, diharapkan menjadi sebuah alarm atau pengingat untuk kaum perempuan tentang pentingnya menjaga kesehatan, terkhusus tentang kanker serviks yang telah menjadi isu nasional," kata Randry. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa alasan relawan menggelar penyuluhan ini adalah karena masih banyaknya wanita yang belum memahami soal IVA dan gejala-gejala dari kanker serviks. 

"Oleh sebab itu, datangnya kita di sini untuk melakukan sosialisasi dan kampanye tentang bahayanya penyakit tidak menular ini, kanker serviks yang sangat membahayakan," ujarnya. 

Relawan GMP berkomitmen untuk terus menggelar kegiatan bermanfaat lainnya untuk masyarakat di Jawa Barat. Bukan hanya di bidang kesehatan, namun juga di bidang sosil, ekonomi, hingga budaya. 

"Kami terinspirasi dari Pak Ganjar yang peduli akan kesehatan dan isu-isu kesehatan yang ada," kata Randry. 

Salah satu peserta, Citra Wulandari (33 tahun) mengapresiasi kegiatan ini. Ibu rumah tangga tersebut menyatakan bahwa dirinya belum pernah mengikuti penyuluhan dan konsultasi perihal kanker serviks. 

Dia berharap agar kegiatan serupa bisa digelar oleh relawan yang berbasis di Jabar ini. "Harapan saya untuk GMP ke depannya akan ada kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat. Misal ada penyuluhan-penyuluhan soal penyakit lain, atau misal ada pelatihan di bidang bisnis dan UMKM," ujar dia menambahkan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement