Sabtu 24 Jun 2023 11:34 WIB

Pembuatan Film 'Gurilaps' Bantu Promosikan Pariwisata Sukabumi

Sukabumi banyak memiliki tempat wisata alam bahkan berkelas dunia.

Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman mengatakan, pembuatan Film Dokumenter tentang Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai dan Seni budaya (Gurilaps) kolaborasi dengan perusahaan film, membantu mempromosikan pariwisata Sukabumi hingga mancanegara.

"Film dokumenter ini sekaligus mempromosikan pariwisata Kabupaten Sukabumi sehingga lebih dikenal luas oleh wisatawan domestik maupun mancanegara," kataAde Suryaman di Sukabumi, Jumat (23/6/2026).

 

photo
Puncak Darma di kawasan Geopark Ciletuh. - (Republika/Edi Yusuf)

 

 

Menurut Ade, Pemkab Sukabumi saat ini tengah fokus untuk memajukan sektor pariwisata dengan melakukan berbagai promosi. Apalagi, daerah ini, memiliki banyak tempat wisata alam bahkan berkelas dunia yang tidak kalah dengan daerah maupun negara lain.

Salah satu objek wisata bertaraf internasional yang dimiliki oleh Kabupaten Sukabumi dan tidak seluruh daerah ataupun negara memilikinya adalah Geopark Cilletuh Palabuhanratu.

Objek yang berstatus UNESCO Global Geopark ini merupakan tempat wisata yang lengkap serta bercerita tentang sejarah terbentuknya Pulau Jawa jutaan tahun lalu. Bahkan di lokasi pun terdapat berbagai fosil hewan purba. Sehingga, wisatawan yang datang selain menikmati keindahan panorama alam juga bisa mendapatkan edukasi.

"Kabupaten Sukabumi dianugerahi kekayaan alam yang melimpah khususnya di sektor pariwisata, maka dari itu Pemkab Sukabumi terus berupaya membenahi, membangun dan memperbaiki berbagai objek wisata," tambahnya.

Ade berharap, dengan dibuat Film Dokumenter Gurilaps Kabupaten Sukabumi ini kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara terus meningkat. Maka dari itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk membantu pembuatan film ini.

Di sisi lain, keberadaan objek wisata di daerah ini membantu warga Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya. Namun demikian, Ade meminta, masyarakat terus meningkatkan keahlian terkait pariwisata seperti menguasai berbagai bahasa asing, karena wisatawan mancanegara membutuhkan pemandu wisata.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement