Sabtu 24 Jun 2023 15:22 WIB

Disokong Donatur, Roda Amal 150x Jumat Barokah Hingga 4 Kota/Kabupaten

Mulai tahun ini akan disalurkan ke anak asuh Nendah Kamalia, anak yatim piatu  penyin

Anak-anak penyitas gempa Cianjur.
Foto: dok. Republika
Anak-anak penyitas gempa Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Yayasan Roda Amal Bersama, Bandung, disokong donatur individu dan korporasi, berhasil menunaikan amanah untuk kegiatan Jumat Barokah ke-150 kali, Jumat (23/6/2023). 

Muhammad Sufyan Abd, Founder & CEO Roda Amal, mengatakan, pihaknya berucap syukur kepada Allah SWT yang telah menggerakan hati semua donatur atas aktivis sosial sejak Mei 2020 ini. "Semula kami hanya berbentuk berbagi nasi boks dan beas perelek level satu RT di masa PSBB Corona lalu, Alhamdulillah saat ini sudah bisa 150 kali dengan cakupan empat kota dan kabupaten," ujar dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (24/6/2023). 

Awalnya, kata dia, kegiatan dilakukan di RT 5 Sukawarna, Kota Bandung. Namun, saat ini telah dilakukan ke banyak target amal ke Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cianjur. 

"Tadinya hanya nasi boks, kemudian berkembang jadi amanah dana renov masjid, pengadaan karpet masjid, alat tes Covid, hingga dua sapi untuk Ied Adha tahun 2021 dan tahun ini," katanya. 

Donatur perorangan yang semula satu RT, kini meluas ke Jakarta, Tangerang, Bekasi, Medan, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, hingga Bali. Untuk donatur perusahaan, antara lain berasal PT Telkom Indonesia, PT Len Industri, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Telkomsel, PT Pos Indonesia, Sari Roti, dan BAZ Jawa Barat. 

Adapun target amal selama 150 kali diberikan ke Panti Yatiim dan Panti Lansia (antara lain Panti Yatiim Mizan Amanah, Panti Yatiim Alfien, Panti Yatiim PYI, dst, total 12 lokasi ), Renovasi dan atau Peningkatan Sarana Masjid/Mushola/Majlis Taklim/Pesantren (antara lain Masjid Baitul Amanah, Mushola Tarbiyatul Aulad, Masjid Al-Basyir, Sukawarna, dst total 10 lokasi). 

Santunan untuk Petugas TPS (antara lain TPS Sarimadu Barat, TPS Sukarasa, TPS Tol Pasteur, dst, total 5 lokasi), Korban Bencana alam/kebakaran (Bencana alam Gempa Kabupaten Cianjur dan Bencana kebakaran Sukawarna Kota Bandung). 

Golongan mustadh'afiin (Tukang gali Majalengka, Pangkalan Ojol Nurul Falah, Pangkalan Ojol Jl Perintis, dst, total 8 lokasi), Santunan Romadhon Takjil & THR (Masjid Nurul Falah, Masjid Al-Akhlaq, Masjid Al-Ikhlas, Masjid Al-Hikmah, dst, total 11 lokasi). 

"Mulai tahun ini juga kami punya anak asuh Nendah Kamalia, anak yatim piatu kelas 1 SD penyintas gempa Cianjur. Tahun ini juga dapat sapi dari PT Len untuk disalurkan ke penyintas gempa Cianjur, setelah tahun lalu kami salurkan ke Panti Lansia Tulus Kasih, Kota Bandung," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement