Selasa 04 Jul 2023 13:48 WIB

Tiga Jamaah Haji Asal Garut Meninggal, Dimakamkan di Arab Saudi

Ada juga sejumlah jamaah haji asal Garut yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Jawa Barat, Cece Hidayat.
Foto: Dok. Republika
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Jawa Barat, Cece Hidayat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Tiga jamaah haji asal Kabupaten Garut, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia. Jenazah ketiga jamaah haji itu dimakamkan di Arab Saudi.

Berdasarkan laporan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, tiga jamaah haji yang meninggal itu bernama Mimih, Elin, dan Engkos Kosasih Engking. Menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Garut Cece Hidayat, dua di antaranya merupakan warga lanjut usia (lansia).

Baca Juga

Sementara almarhum Engkos berusia di bawah 60 tahun. “Terakhir ada jamaah haji asal Garut yang meninggal itu pada 2 Juli. Informasinya masih berusia di bawah 60 tahun,” ujar Cece, saat dikonfirmasi Republika, Selasa (4/7/2023).

Cece menjelaskan, ketiga jamaah haji asal Kabupaten Garut itu meninggal dunia saat berada di Makkah. Sesuai prosedur operasi standar, kata dia, ketiga jamaah itu dimakamkan di Arab Saudi.

 

Menurut Cece, saat ini juga dikabarkan ada empat jamaah haji asal Kabupaten Garut yang menjalani perawatan di rumah sakit. Tiga di antaranya dari kelompok terbang (kloter) 46, yaitu Mansyur Heryanto (68 tahun), Aceng Iip Sarifudin (83), dan Nunuk Abdul Jalil (78).

Satu jamaah haji lainnya dari kloter 70, yaitu Popon (82). “Mereka masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi. Mudah-mudahan mereka bisa sehat saat kepulangan,” ujar Cece.

Cece menilai, secara umum pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan baik. Menurut dia, petugas di lapangan juga memberikan pelayanan maksimal, terutama bagi para jamaah haji lansia.

“Kalau melihat jumlah yang sakit, karena banyak yang usia lanjut. Kami sudah antisipasi di lapangan dengan maksimal,” kata Cece.

Menurut Cece, rencananya jamaah haji asal Kabupaten Garut akan mulai kembali ke tanah air pada hari ini. Cece mengaku dalam perjalanan menuju Asrama Haji Embarkasi Bekasi untuk menyambut kedatangan para jamaah haji asal Kabupaten Garut. 

“Nanti sekitar pukul 19.00 WIB jamaah dijadwalkan sampai di Asrama Haji Bekasi. Perkiraan sampai Garut pada Rabu dini hari,” ujar Cece.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement