Sabtu 08 Jul 2023 09:27 WIB

21 Kios di Pasar Cimol Gedebage Ludes Terbakar 

Aset yang berhasil diselamatakan dalam musibah kebakaran itu mencapai Rp 28 miliar.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Pertugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang menghanguskan Pasar Gedebage, Kota Bandung.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pertugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang menghanguskan Pasar Gedebage, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 21 kios pakaian dan celana di blok B dan D Pasar Cimol Gedebage, Kota Bandung ludes terbakar, Jumat (7/7/2023) malam. Kerugian akibat kebakaran belum dapat ditaksir. Namun, aset yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 28 miliar lebih.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengatakan total kios yang terbakar sebanyak 21 kios. Penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan lebih lanjut.

"Total objek yang terbakar, 21 kios," ucap dia saat dikonfirmasi, Sabtu (8/7/2023).

Ia mengatakan, peristiwa kebakaran kurang lebih terjadi pukul 22.05 WIB. Petugas yang menerima laporan langsung meluncur ke lokasi kebakaran di Pasar Cimol Gedebage.

Berdasarkan keterangan saksi, Gun Gun mengatakan, api berasal dari blok B bagian tengah. Api semakin membesar dan merambat kepada kios lainnya.

"Penyebab kejadian masih dalam penyelidikan," jelas dia.

Dia mengatakan, total kios yang berada di Pasar Gedebage sendiri mencapai 1.100 kios dengan luas area 1 hektare. Tidak terdapat korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Total sepuluh unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk memadamkan api. Penanganan kebakaran berlangsung selama  satu jam 20 menit. "Waktu penanganan satu jam 20 menit," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement