Ahad 09 Jul 2023 15:39 WIB

Lewat Ngabaso Urat, Dekranasda Lihat Potensi Perajin di Bandung Barat

Dekranasda Bandung Barat berupaya membantu mempromosikan produk perajin.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya menyerahkan penghargaan kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung Barat Sonya Fatmala.
Foto: Dok Humas Pemkab Bandung Barat
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya menyerahkan penghargaan kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung Barat Sonya Fatmala.

REPUBLIKA.CO.ID, NGAMPRAH — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, berupaya mendorong para perajin di daerahnya agar terus berkembang. Untuk itu, Dekranasda memantau langsung aktivitas para perajin di Kabupaten Barat.

Dekranasda mempunyai program “Ngabaso Urat” alias “Nganjang Pengrajin Bareng Teh Sonya untuk Bandung Barat”. “Selama ini saya turun langsung ke perajin, sehingga dapat melihat langsung berbagai aktivitas dan hasil karya para perajin. Potensinya sangat luar biasa sekali,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung Barat Sonya Fatmala, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga

Sonya mengatakan, Dekranasda Kabupaten Bandung Barat melakukan berbagai kegiatan pembinaan untuk mendukung usaha para perajin dan mengembangkan potensinya. Dekranasda Kabupaten Bandung Barat juga berupaya menyerap aspirasi para perajin dan menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi kreatif, di antaranya dengan membangun kolaborasi.

“Sampai saat ini kami tetap solid dan kompak untuk terus berkolaborasi, baik dengan pemerintah daerah maupun dengan para perajin. Hasilnya pun banyak produk kita bisa bekerja sama, di antaranya dengan pihak luar, salah satunya IKEA Kota Baru Parahyangan. Saya berharap ekosistem seperti ini bisa terus bertumbuh,” ujar Sonya.

Perajin kriya menjadi salah satu perhatian Dekranasda Kabupaten Bandung Barat. Sonya mengatakan, pihaknya mendorong potensi perajin agar dapat terus berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan produknya.

Menurut Sonya, Dekranasda Kabupaten Bandung Barat juga berupaya membantu mempromosikan produk-produk kriya dan perajin lainnya. “Selain memperbanyak pameran dan membuat event bersama masyarakat, kami juga akan turut membantu mereka mempromosikan kreasinya melalui berbagai media sosial,” kata dia.

Produk perajin dari Kabupaten Barat ikut ditampilkan dalam ajang Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2023, yang digelar Dekranasda Provinsi Jawa Barat (Jabar) di sekitar Gedung Sate, Kota Bandung, 7-9 Juli 2023.

Dalam momen itu, sebagaimana dilansir Humas Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Dekranasda Kabupaten Bandung Barat mendapatkan penghargaan dari Dekranasda Jabar. Penghargaan diraih di tiga kategori, di antaranya Juara 1 Lomba Helaran Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat dan Juara 1 Kriya Terbaik Berbahan Baku Batu-batuan.

Selain itu, Juara 2 Kategori Pembina Teladan Dekranasda untuk Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung Barat Sonya Fatmala.

“Alhamdulillah, kami memperoleh tiga penghargaan sekaligus untuk tiga kategori berbeda pada PKJB Tahun 2023. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama para perajin di Bandung Barat. Ini bisa jadi momentum kita untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan seluruh produk UMKM KBB (Kabupaten Bandung Barat) ke pasar yang lebih luas lagi,” ujar Sonya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement