Kamis 29 Jun 2023 23:29 WIB

Festival Jajanan Meriahkan Momen Liburan Idul Adha di Bandung Barat

Kegiatan kali ini diadakan khusus untuk mendukung para pelaku UMKM.

Warga dan UMKM meramaikan Festival Jajanan di Bandung Barat, Jawa Barat.
Foto: Dok. Fes
Warga dan UMKM meramaikan Festival Jajanan di Bandung Barat, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Warga dari berbagai wilayah di Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar) menyerbu bazar jajanan yang disediakan kelompok sukarelawan OMG Jabar. Momen libur panjang Idul Adha pun berlangsung suka cita. 

Koordinator Daerah OMG atau Orang Muda Ganjar Kabupaten Bandung Barat Septian Insan Wibawa mengatakan kegiatan kali ini diadakan khusus untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Baca Juga

"Acaranya adalah Festival Jajanan untuk masyarakat di Desa Mandalamukti Kecamatan Cikalongwetan. Pesertanya, masyarakat dan ada juga beberapa pelaku pedagang UMKM yang ada di sekitar," kata Septian, seperti dilansir pada  Kamis (29/6/2023). 

Melalui kegiatan tersebut, para sukarelawan berupaya mendorong perkembangan usaha milik warga yang akan berdampak positif kepada tingkat perekonomian di wilayah tersebut.

Tak hanya mengadakan acara Festival Jajanan, mereka juga memberikan bantuan peralatan untuk menunjang produksi bagi para pelaku UMKM yang membutuhkannya.

"Tujuannya adalah meningkatkan perekonomian dan meningkatkan UMKM sekitar. Juga, kita tadi melakukan penyerahan bantuan kompor (gas) untuk UMKM," ujar Septian menegaskan.

Adapun, kegiatan tersebut menjadi ajang rekreasi atau hiburan yang murah-meriah bagi warga setempat karena seluruh jajanan di sana bisa disantap secara cuma-cuma alias gratis.

Tak heran, puluhan warga pun antusias mengantre untuk mendapatkan makanan dan minuman yang disediakan di setiap lapak dagangan, seperti seblak, cilok, bakso, hingga es doger.

"Antusiasme masyarakat alhamdulillah cukup antusias, cukup banyak (yang datang) karena memang ini jadi bagian dari hiburan bagi masyarakat. Kita menyediakan jajanan ini gratis untuk masyarakat," kata Septian.

Tidak lupa, Septiap mengatakan kelompoknya berupaya menyerap aspirasi dari warga untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan di wilayah mereka ke depannya.

"Masyarakat berharap adanya kegiatan semacam ini terus diselenggarakan secara rutin. Kita juga berencana akan membuat satu wilayah di desa ini, satu wilayah untuk para pedagang dan juga jajanan untuk masyarakat," kata dia.

Sementara itu, para pedagang yang berpartisipasi mengapresiasi kelompok sukarelawan OMG Jawa Barat yang sudah mengadakan Festival Jajanan di Kabupaten Bandung Barat kali ini.

Salah seorang pedagang, Rusli mengaku bersyukur karena cilok yang dijualnya bisa laris di acara tersebut. Padahal, ia biasanya harus berkeliling ke berbagai desa untuk menjual dagangannya itu.

"Dengan adanya acara ini jualan kami laris dan kami bisa mempromosikan jualan kami ini dan pedagang-pedagang yang lain. Alhamdulillah habis lima kilogram. Sehari biasanya tiga kilogram. Pas ada acara ini alhamdulillah jadi semakin meningkat jualan saya," katanya.

Program yang berkenaan dengan Relawan UMKM juga pernah dilakukan ONH melalui ajang Festival Rakyat Kota Beradat di Kabupaten Bone, Sulsel.

 

"Program 'Lapak Ganjar' buatan Pak Ganjar coba kami terapkan dalam acara ini. Khusus bagi para pegiat UMKM di Bone, kami buatkan lapak di sini secara gratis, seperti pedagang lapak Ganjar di Jawa Tengah," ujar Koordinator Wilayah OMG Sulsel Rais Razak, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement