Selasa 11 Jul 2023 18:41 WIB

Wakili Warga, DPRD Jabar Apresiasi Peresmian Tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu dipastikan akan mengakselerasi pergerakan ekonomi Jabar.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari
Foto: Dedi Junaedi/Republika
Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (10/7/2023). Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari menilai, kehadiran jalan tol sepanjang 60 Kilometer itu akan memberikan kebahagiaan bagi masyarakat.

‘’Kami bahagia dengan hadirnya Tol Cisumdawu. Ke Majalengka cukup satu jam,’’ ujar Ineu saat mengomentari peresmian jalan Tol Cisumdawu di Gedung DPRD Jawa Barat, Senin (10/7/2023). Awalnya, peresmian jalan tol itu direncanakan pada Juni 2023.

Karena berbagai hal, sehingga peresmian baru terealisasi Selasa (11/7/2023). Menurut dia, jalan tol yang dinanti-nanti masyarakat Jabar, hari ini diresmikan Presiden RI.

Ineu mengungkapkan, Jalan Tol Cisumdawu juga merupakan akses menuju Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati. ‘’Semoga dengan Tol Cisumdawu, bandara kebanggaan masyarakat Jabar bisa berfungsi secara maksimal. Dengan begitu, pergerakan ekonomi akan lebih tinggi,’’ tambahnya.

 

Kehadiran Tol Cisumdawu juga bisa mengantisipasi warga dalam menghindari lokasi berpotensi longsor. Disebutkan Ineu, sejumlah jalur Bandung-Majalengka yang berpotensi longsor, di antaranya di Cadas Pangeran, Tomo dan Nyalindung. Menurut Ineu, Tol Cisumdawu bisa jadi jalur alternatif untuk menghindari jalan yang rawan terjadi longsor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement