Selasa 11 Jul 2023 21:35 WIB

Kata Ridwan Kamil Setelah Tom Cisumdawu Diresmikan

Pembangunan tol Cisumdawu memakan waktu 12 tahun.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Erdy Nasrul
Gubernur Ridwan Kamil (tengah) bersama sejumlah pejabat menekan tombol peresmian Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Senin (24/1/2022).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Gubernur Ridwan Kamil (tengah) bersama sejumlah pejabat menekan tombol peresmian Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Senin (24/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu), Selasa (11/7/2023). Setelah 12 tahun pembangunan, Jalan tol sepanjang 61,6 kilometer yang menghubungkan Bandung dengan kawasan Majalengka tersebut pun resmi beroperasi secara penuh.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pihaknya sangat bersyukur akhirnya Tol Cisumdawu bisa beroperasi penuh di masa kepemimpinannya. 

Baca Juga

"Saya sangat bahagia, gembira, 12 tahun (pembangunan) prosesnya sangat panjang pembangunan jalan tol," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Namun, menurut Emil, terwujudnya infrastruktur besar seperti Tol Cisumdawu membuktikan jika pembangunan harus melewati proses berliku. 

"Ini jadi pelajaran buat kita, tidak bisa seperti menyulap sesuatu," katanya.

Salah satu proses terberat penyelesaian Tol Cisumdawu, kata dia, adalah urusan pembebasan lahan. Emil menegaskan, dalam proses terberat ini pihaknya di Pemprov Jabar sudah melaksanakan tugas berat dalam pembangunan Tol Cisumdawu.

"Dalam evaluasi saya selalu terberatnya itu di proses pembebasan lahan yang selalu melahirkan dinamika, itulah kenapa tol dan bandara BIJB finish-nya tidak bersamaan," katanya.

Dalam pengerjaan Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer, pemerintah daerah bertugas mengurusi pembebasan lahan. Sementara Kementerian PUPR dan badan usaha jalan tol PT Citra Karya Jabar Tol mengerjakan konstruksinya. 

Kehadiran Cisumdawu, kata dia, akan melengkapi akses infrastruktur darat terutama menuju bandara Kertajati, Majalengka yang sejak Desember 2021 sudah terhubung akses tol dari Cikopo-Palimanan. 

"Sekarang diresmikan Pak Presiden ini luar biasa. Dari Bandung ke Cirebon biasanya 6 jam sekarang bisa 70-75 menit. Tadi saya tes ngebut 45 menit ke Bandara Kertajati," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement