Kamis 13 Jul 2023 06:07 WIB

Pengalaman Jamaah Haji Asal Tasikmalaya Tersesat di Arab Saudi

Ada jamaah haji yang tak jarang tersesat saat perjalanan dari Muzdalifah ke Mina. 

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Para jamaah haji tiba di Gedung Dakwah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023).
Foto:

Selain tersesat, ada kendala lain yang dialami Adam saat berada di Arab Saudi, yaitu kondisi cuaca panas. Menurut dia, panasnya seakan dua kali lipat dengan kondisi di Indonesia.

Adam pun mengaku sempat dua kali menjalani perawatan medis saat di Arab Saudi. Sejumlah jamaah pun ada yang menjalani perawatan. “Alhamdulillah, saya hanya sebentar, meski dua kali dirawat. Namun, tetap semangat,” ujarnya.

Menurut Adam, para petugas pelaksanaan ibadah haji sangat membantu para jamaah. Bahkan, petugas yang bukan berasal dari rombongannya pun tak segan membantu para jamaah.

Namun, ada juga yang menjadi catatan Adam terkait layanan selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Salah satunya tempat wudhu.

"Saat di Mina itu tak ada penerangan. Lalu makanan juga kadang masih ada yang belum masak sudah disajikan. Itu yang perlu diperbaiki,” kata dia.

Senada dengan Adam, Dadang menyebut petugas berperan maksimal selama pelaksanaan ibadah haji. Namun, ada layanan yang diharapkan bisa ditingkatkan ke depan. “Mudah-mudahan ke depan ada peningkatan,” ujar Dadang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement