Ahad 16 Jul 2023 19:03 WIB

Dorong Budi Daya Ikan, DKP Kota Tangerang Salurkan 2.200 Benih Lele

Bantuan benih ikan lele itu disalurkan untuk Kelompok Wanita Tani.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Budi daya ikan lele.
Foto: ANTARA/Fauzan
(ILUSTRASI) Budi daya ikan lele.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, menyediakan bantuan benih dan pakan ikan untuk mendorong perikanan budi daya. Baru-baru ini disalurkan bantuan 2.200 benih ikan lele untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) Kebun Bahagia RT 04/RW 05 Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper.

Bantuan disalurkan melalui UPT Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan (DKP). Masyarakat Kota Tangerang, khususnya di Kampung Tematik atau KWT, dapat mengajukan bantuan benih ikan ini dengan mengajukan permohonan ke Kantor DKP Kota Tangerang.

“Program ini merupakan salah satu program prioritas Kota Tangerang, dengan tujuan mendukung peningkatan produksi perikanan budi daya dan meningkatkan kesejahteraan para pembudi daya. Dalam hal ini, mereka para Kelompok Wanita Tani di seluruh Kota Tangerang. Penyaluran bantuan benih dan pakan ini adalah langkah konkret Pemkot Tangerang,” kata Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, Ahad (16/7/2023).

Untuk KWT Kebun Bahagia, Muhdorun mengatakan, DKP juga menyalurkan bantuan kolam ikan, yang diharapkan dapat mendorong pengembangan pengelolaan usaha ikan yang dilakukan kelompok tersebut. Bantuan itu diberikan karena KWT Kebun Bahagia disebut tengah merintis pengelolaan usaha ikan dan terlihat kemajuannya.

“Semoga bermanfaat dan dapat dikonsumsi saat nanti panen. Terlebih, bisa berbagi dan dijualbelikan di kemudian harinya, dengan harga yang terjangkau,” ujar Muhdorun.

Dengan bantuan itu, Muhdorun mengatakan, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha KWT Kebun Bahagia, sehingga memperkuat kelembagaan kelompok pembudi daya ikan menuju usaha yang mandiri. Diharapkan juga nantinya dapat menjalin kemitraan dengan berbagai pihak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement