Rabu 19 Jul 2023 07:14 WIB

Polisi Tangkap Dukun AN yang Sebabkan 3 Orang Tewas Tenggelam di Danau Kuari Bogor

AN meminta seorang pasien keterbelakangan mental dimandikan di tepi Danau Kuari.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Karta Raharja Ucu
Ilustrasi Ditangkap Polisi
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Ditangkap Polisi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Polres Bogor menetapkan seorang dukun berinisial AN, menjadi tersangka penyebab tenggelamnya tiga orang di Danau Kuari, Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor pekan lalu. Tiga orang tersebut tewas tenggelam ketika dalam proses pengobatan spiritual, terhadap pasien keterbelakangan mental berinisial DV.

Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro, mengungkapkan awalnya keluarga korban membawa korban DV ke rumah pelaku. Namun pelaku meminta membawa korban ke danau untuk dimandikan di tepi Danau Kuari.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, DV berontak kemudian masuk ke dalam danau. Kemudian dua korban lain berniat untuk menolong DV, namun Allah menghendaki lain. Ketiganya tenggelam dan ditemukan tidak bernyawa,” kata Rio, Selasa (18/7/2023).

Rio menjelaskan, pelaku berkata pasien keterbelakangan mental bisa sembuh dengan disiram dan dimandikan di danau. Selain itu, sebelum dibawa ke danau, korban sempat disiram minyak gondo mayit seharga Rp 2 juta oleh pelaku.

Namun, lanjut Rio, dalam praktiknya korban memberontak hingga terperosok ke lubang yang lebih dalam. Di sekitar lokasi kejadian, ditemukan juga bunga-bungaan di atas pelepah pisang yang diduga merupakan sesajen.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, kata Rio, pelaku telah melakukan praktik dukun spiritual yang mengaku bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit sejak 2005. “Namun faktanya seperti ini. Makanya saya sarankan kepada masyarakat Kabupaten Bogor kalau sakit datanglah ke rumah sakit,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 395 KUHP, yaitu kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain. Pelaku diancam hukuman selama lima tahun penjara.

Sebelumnya, diberitakan tiga orang pria tenggelam di Danau Kuari, Desa Tegalega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor pada Kamis (13/7/2023) malam. Ketiganya tenggelam saat sedang pengobatan alternatif dengan mandi di pinggir danau.

Staff Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jalaludin, mengatakan tiga korban merupakan warga Kampung Kelapa Tiga, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. BPBD menerima laporan pada Jumat (14/7/2023) dini hari, sekitar 3,5 jam setelah korban tenggelam.

Lebih lanjut, Jalaludin mengatakan, dari keterangan para saksi, diketahui ada tujuh orang termasuk tiga korban tenggelam, sedang melakukan pengobatan alternatif dengan mandi di pinggir danau. Saat melakukan pengobatan, satu orang korban yang tengah mandi di danau terpeleset ke tengah danau dengan kedalaman kurang lebih 10 meter.

“Diketahui korban tidak bisa berenang, lalu dua rekan korban berusaha untuk menolong namun malah ikut terbawa dan tenggelam ke dalam danau. Sedangkan empat orang lainnya selamat,” jelasnya, Jumat (14/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement