Selasa 25 Jul 2023 15:02 WIB

Demokrat Sebut AHY Memenuhi Kriteria 0 dari Anies Baswedan

Partai Demokrat menghormati penambahan kriteria yang disampaikan Anies.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani.
Foto: Istimewa
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menambahkan kriteria 0 atau nol dari masalah untuk cawapres. Partai Demokrat menghormati penambahan kriteria yang disampaikan Anies.

"Kami menghormati sepenuhnya penambahan kriteria yang disampaikan Mas Anies yang disebut kriteria 0," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, kepada Republika, Selasa (25/7).

Dia menuturkan, kriteria nomor 0 yang dimaksud Anies Baswedan sendiri merupakan tidak memiliki beban masa lalu atau tidak bermasalah, serta memiliki keberanian. Kamhar merasa, kriteria tersebut sangat relevan.

Bahkan, dia berpendapat, kriteria itu sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sebab, bukan sekadar pemenuhan kebutuhan untuk bisa berlayar mengingat Koalisi Perubahan ini berbeda dengan selera dan kehendak penguasa.

"Maka, jika tidak bersih dan tidak punya keberanian, pasti tersandera," ujar Kamhar.

Kamhar melihat, kriteria bersih dan berani ini sangat diperlukan jika mendapatkan kesempatan sejarah memperoleh mandat rakyat pada Pilpres 2024 nanti. Hal ini sebagaimana yang sudah disampaikan Anies Baswedan.

Ia menekankan, dalam agenda perubahan dan perbaikan yang mereka usung terkandung empat substansi yang mesti dijalankan. Pertama, menentukan apa hal-hal yang harus diteruskan dari kebijakan sekarang.

Kemudian, apa saja hal-hal yang mesti dikoreksi dari kebijakan sekarang. Lalu, apa saja hal-hal yang harus dihentikan dari kebijakan sekarang, serta apa saja hal-hal baru yang mesti dibuat sama-sama.

Kamhar menambahkan, untuk efektivitas dan optimalisasi menjalankan butuh orang yang tidak memiliki beban masa lalu dan keberanian. Maka itu, ia merasa, sosok Ketua Umum Partai Demokrat, AHY, cocok atas kriteria itu.

"Mas Ketum AHY sangat memadai dan memenuhi kriteria ini," ujar Kamhar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement