Rabu 26 Jul 2023 12:35 WIB

Ratusan Rumah di Cileungsi Terdampak Banjir Akibat Penyempitan Kali

Banjir terjadi ketika hujan deras dengan intensitas tinggi dalam waktu cukup lama.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Warga bergotong royong membersihkan sisa lumpur banjir di Cileungsi, Kabupaten Bogor.
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Warga bergotong royong membersihkan sisa lumpur banjir di Cileungsi, Kabupaten Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ratusan rumah di Kampung Karet, Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, terendam banjir pada Selasa (21/7/2023) malam, akibat ada penyempitan kali. Saat ini, kondisi banjir sudah berangsur surut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, mengatakan, banjir mulai naik ke permukiman warga sekitar pukul 21.00 WIB. Setidaknya ada sekitar 120 rumah yang terendam banjir.

“Diperkirakan ada 120 rumah berisi 300 jiwa dari 80 kepala keluarga (KK). Saat ini kondisi banjir berangsur surut dan kondisi saat ini sudah kondusif,” kata Aris, Rabu (26/7/2023).

Dia menjelaskan, banjir terjadi ketika hujan deras dengan intensitas tinggi melanda kawasan tersebut dalam waktu yang cukup lama. Di samping itu, terdapat penyempitan anak Kali Binong yang bermuara di Sungai Cibarengkok.

“Akibatnya, terjadi banjir di wilayah tersebut dengan ketinggian air bervariatif antara 10 sentimeter hingga 120 Sentimeter,” ujar Aris.

Dia mengatakan, berdasarkan analisis anggota di lapangan, banjir di wilayah tersebut sering terjadi selama kurang lebih empat tahun ke belakang. Sehingga butuh penanganan segera dari instansi terkait.

Aris mengatakan, saat ini Tim Rescue Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor telah melakukan koordinasi dengan aparatur setempat. Serta telah tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan.

“Setelah melakukan kaji fepat dan menganalisis, kami juga memberikan edukasi kebencanaan dan imbauan kepada warga setempat,” kata Aris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement