Kamis 03 Aug 2023 06:22 WIB

Prabowo: Gue Anak Jaksel 

PSI belum membuat keputusan final apakah akan mendukung Prabowo atau tidak.

Rep: Febryan A/ Red: Agus Yulianto
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi elite kedua partai menyapa wartawan sebelum melakukan pertemuan di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023).  Pertemuan silahturahmi tersebut membahas hal-hal isu politik diantaranya terkait Pemilu dan Pilpres 2024.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto didampingi elite kedua partai menyapa wartawan sebelum melakukan pertemuan di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Pertemuan silahturahmi tersebut membahas hal-hal isu politik diantaranya terkait Pemilu dan Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Percakapan hangat terjadi dalam pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan jajaran pengurus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023) petang. Salah satu percakapan mereka terkait 'anak Jaksel’. 

Topik tersebut muncul ketika Ketua Umum PSI Giring Ganesha menyebut kunjungan Prabowo ke markas PSI merupakan sesuatu yang mencengangkan. Sebab, Prabowo sebagai politikus senior sekaligus pemimpin partai besar di republik ini mau mengunjungi PSI yang merupakan partai non-parlemen dan diisi anak muda. 

"Biasanya Pak, kami yang muda-muda sowan berkunjung ke partai anak muda. Hari ini, (kunjungan Pak Prabowo) mind blowing banget kalau kata anak Jaksel (Jakarta Selatan)," kata Giring, dikutip dari keterangan tertulis Prabowo, Kamis (3/8/2023). 

“Weits, gue juga anak Jakarta Selatan,” kata Prabowo menimpali, seraya tertawa. 

Sebagai gambaran, kediaman orang tua Prabowo memang terletak di Jaksel, yakni di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru yang merupakan salah satu kawasan nongkrong anak muda Jaksel. 

Saat menyampaikan keterangan pers usai pertemuan tertutup selama satu jam itu, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP PSI Grace Natalie melontarkan berbagai kata pujian kepada calon presiden dari Partai Gerindra itu. Grace bahkan menyebut Prabowo sebagai tokoh besar. 

"Buat kami, ini (kunjungan Prabowo merupakan) sebuah kehormatan dan menunjukkan bahwa Pak Prabowo adalah seorang yang rendah hati, seorang tokoh besar yang mau menghargai siapa pun orangnya, apakah dia partai besar atau partai kecil," kata Grace. 

Grace juga menyebut Prabowo adalah kandidat capres yang paling potensial untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024 berdasarkan hasil survei. Dia pun menyebut jajaran PSI merasa senang dan lega mengetahui Prabowo punya komitmen melanjutkan program-program pembangunan Presiden Jokowi. 

Kendati begitu, lanjut dia, PSI belum membuat keputusan final apakah akan mendukung Prabowo atau tidak sebagai capres. Dia menegaskan bahwa PSI akan menentukan dukungan sesuai arahan Presiden Jokowi. "Apakah sudah mengerucut ke mana-mana, PSI siap bergerak sesuai dengan arahan Pak Jokowi. Tapi akhir-akhir ini sudah mulai kelihatan tanda-tandanya," kata Grace. 

Grace melanjutkan, keputusan final dukungan capres akan diambil dalam agenda Kopdarnas PSI pada 22 Agustus 2023. "Insya Allah pilihan atau keputusan final PSI adalah juga keputusannya Pak Jokowi," ujarnya. 

Adapun Prabowo, PSI bergabung dalam koalisi partai pendukungnya, yakni Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Koalisi tersebut didirikan oleh Partai Gerindra bersama PKB, lalu belakangan PBB ikut bergabung. 

"Kita tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerja sama," kata Prabowo ketika ditanya apakah dirinya mengajak PSI bergabung.  

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga melontarkan pujian. Prabowo mengaku, tak mempersoalkan partai besar atau kecil, karena yang penting adalah idealisme. 

"Saya lihat PSI terdiri dari anak-anak muda yang idealis, tapi juga punya cita-cita yang tinggi dan punya komitmen kepada persatuan bangsa," kata Menteri Pertahanan RI itu. 

Prabowo menambahkan, dirinya mengundang jajaran pengurus PSI untuk mendatangi kediamannya sebagai kunjungan balasan. Prabowo berkelakar bahwa Giring yang merupakan mantan vokalis Band Nidji itu bakal bernyanyi dalam pertemuan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement