Sabtu 05 Aug 2023 16:24 WIB

Pertunjukan Air Mancur Purwakarta Jaring Ribuan Wisatawan

Pertunjukan air mancur disertai dengan berbagai atraksi budaya.  

Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta. (Foto: Yogi Ardhi/Republika)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta. (Foto: Yogi Ardhi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pertunjukan air mancur berjoged di Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud, Kabupaten Purwakarta yang digelar pada akhir pekan ini, diproyeksikan menjaring ribuan wisatawan.

"Pertunjukan air mancur digelar pada Sabtu malam ini dan akhir pekan depan, 12 Agustus 2023," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Sabtu (5/8/2023).

Ia menyampaikan, pertunjukan air mancur itu merupakan peluang yang harus dimanfaatkan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat sekaligus roda perekonomian daerah.

"Berbagai atraksi budaya dan pertunjukan air mancur akan menjadi daya tarik luar biasa menjaring wisatawan untuk datang ke Purwakarta. Potensi itu harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," katanya.

Bupati menyebutkan, sebanyak 10 ribu pengunjung diperkirakan datang menonton pertunjukan air mancur yang disertai berbagai atraksi budaya tersebut.

"Itu bisa menjadi pasar potensial yang bisa dimanfaatkan secara ekonomi. Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan para pelaku UMKM," kata Anne.

Selain atraksi wisata pertunjukan Air Mancur Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Untuk wisata kuliner, pada akhir pekan di Purwakarta digelar "car free night" di sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga.

Di sepanjang jalan sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga itu menjajakan aneka kuliner tradisional maupun modern.

Pemkab Purwakarta sendiri menyiapkan pusat oleh-oleh untuk buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta.

Pusat oleh-oleh yang bisa dikunjungi itu di antaranya Galeri Menong I yang berlokasi di Jalan Veteran, Ciseureuh dan Galeri Menong II yang berada di Jalan Ganda Negara, Nagri Tengah.

Kedua galeri itu merupakan pusat oleh-oleh berbagai produk UMK, mulai dari kerajinan tangan, makanan serta minuman kemasan dan lain sebagainya.

"Semua produk khas Purwakarta tersedia lengkap di Galeri Menong. Wisatawan bisa berburu oleh-oleh khas Purwakarta di galeri itu," katanya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement