Selasa 08 Aug 2023 12:26 WIB

Novel Baswedan: Firli Bahuri tak akan Tangkap Harun Masiku

Eks caleg PDIP itu tak kunjung ditangkap KPK karena ada unsur politik.

Rep: Flori Sidebang / Red: Agus Yulianto
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan. KPK menyebut buronan Harun Masiku masih di Indonesia.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan. KPK menyebut buronan Harun Masiku masih di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan merespons dugaan Polri yang menyebutkan tersangka kasus suap Harun Masiku berada di Indonesia. Menurut Novel, selama KPK masih berada di bawah kepemimpinan Firli Bahuri, buronan itu tidak akan tertangkap.

"Ini soal kemauan saja. Sebagaimana yang pernah saya katakan bahwa selama Firli sebagai pimpinan KPK, Harun Masiku tidak akan ditangkap," kata Novel saat dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (8/8/2023). 

Baca Juga

"Apa yang saya sampaikan terbukti, sampai sekarang kita lihat KPK tidak bersungguh-sungguh menangkap Harun Masiku, sehingga sampai dengan sekarang (sekitar tiga tahun) belum juga tertangkap," katanya lagi.

Padahal, Novel mengatakan, tidak banyak faktor yang mempersulit penangkapan Harun Masiku. Namun, dia meyakini, eks caleg PDIP itu tak kunjung ditangkap KPK karena ada unsur politik.

"Bila dibandingkan dengan kasus-kasus DPO lain, banyak tersangka yang mempunyai kekuatan finansial dan jaringan, tetap bisa tertangkap. Sedangkan Harun Masiku mestinya tidak banyak faktor yang membuat sulit penangkapannya," ujar Novel 

"Saya yakin demikian (ada kaitan dengan unsur politik)," kata dia.

Polri menyebut Harun Masiku masih di Indonesia...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement