Kamis 10 Aug 2023 03:22 WIB

Kebakaran Terjadi di Area Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai

Selama beberapa jam petugas gabungan dan warga berupaya memadamkan api.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Penanganan kebakaran hutan dan lahan.
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
(ILUSTRASI) Penanganan kebakaran hutan dan lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Kebakaran dilaporkan terjadi di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jawa Barat, Rabu (9/8/2023). Selama beberapa jam petugas gabungan bersama masyarakat berupaya memadamkan api.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana mengatakan, kebakaran itu terjadi di kawasan hutan TNGC area Blok Pajaten wilayah Dusun Cirendang, Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Baca Juga

Menurut Indra, masyarakat melihat kepulan asap di kawasan hutan Blok Pajaten pada sekitar pukul 13.30 WIB. Melihat kepulan asap itu, masyarakat di sekitar lokasi berupaya melakukan upaya pemadaman dan melaporkan kepada pihak terkait.

Mengetahui kejadian kebakaran di kawasan hutan TNGC, aparat desa setempat segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan, TNGC, TNI, Polri, dan BPBD. Merespons laporan itu, BPBD Kabupaten Kuningan menurunkan tim asesmen dan tim pemadaman.

 

“Pemadaman dan pendinginan atau mop up dilaksanakan oleh masyarakat, aparat desa, aparat kecamatan, Satpol PP, TNGC, TNI, Polri, BPBD, dan relawan,” kata Indra, Rabu (9/8/2023).

Indra mengatakan, api yang membakar kawasan hutan itu bisa dipadamkan pada sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, sekitar pukul 19.00 WIB, masih terlihat kepulan asap yang berasal dari bara di lokasi yang sudah terbakar. Karenanya, upaya pendinginan dilanjutkan untuk mengantisipasi api muncul kembali.

Menurut Indra, petugas juga melakukan penyisiran. Tim pun sempat disiagakan di kawasan sekitar Batu Luhur. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement