Kamis 10 Aug 2023 14:57 WIB

BNN Canangkan Desa Pesisir di Kabupaten Sukabumi Jadi ‘Bersinar’

Wabup Sukabumi berharap Desa Bersinar bisa diperbanyak.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Anti-narkoba.
Foto: Republika
(ILUSTRASI) Anti-narkoba.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Desa Pasiripis di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dicanangkan menjadi Desa Pesisir “Bersinar” (Bersih Narkoba). Dengan program yang digulirkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi itu, desa pesisir diharapkan terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Desa Pesisir Bersinar merupakan bagian dari program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) BNN. Pencanangan Desa Pesisir Bersinar itu dilakukan di kawasan Pantai Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kamis (10/8/2023). 

Baca Juga

“Desa Pesisir Bersinar jadi komitmen kuat dalam mencegah peredaran narkoba, terutama daerah pesisir,” kata Kepala BNN Provinsi Jawa Barat Brigjen Pol Arief Ramdhani, yang hadir dalam acara tersebut.

Arief mengatakan, program Desa Bersinar ini merupakan upaya bersama berbagai elemen dalam upaya penanganan permasalahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Dalam implementasinya, kata dia, membutuhkan peran serta dari masyarakat.

Pemerintah kabupaten, kecamatan, dan desa diarahkan untuk menguatkan upaya antisipasi, adaptasi, dan mitigasi terhadap ancaman narkoba di lingkungan masyarakat. Dengan begitu, kata Arief, upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba dapat berjalan efektif, termasuk dalam mewujudkan Desa Pesisir Bersinar.

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi mengapresiasi pencanangan pembentukan Desa Pesisir Bersinar ini. “Ini suatu langkah yang baik dan positif yang harus diimplementasikan kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Iyos, Desa Pesisir Bersinar ini bisa menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah pesisir. Melalui program tersebut, kata dia, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

“Program ini sangat bagus, yang memiliki nilai moral dan nilai ibadah yang luar bisa untuk menciptakan generasi muda yang bersih dari narkoba,” ujar Iyos.

Iyos meminta seluruh jajaran pemerintah mendukung program Desa Pesisir Bersinar. Saat ini, kata dia, program tersebut baru diterapkan di Desa Pasiripis dan Cipeundeuy, Kecamatan Surade. Ia berharap semua desa nantinya bisa Bersinar.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement