Ahad 13 Aug 2023 20:16 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, Warga Cibahong Tasikmalaya Buat Lorong Merah Putih

Warga menghias jalan sepanjang 250 meter menjadi seperti lorong merah putih.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Suasana menyambut peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di RT 19/RW 08 Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (13/8/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Suasana menyambut peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di RT 19/RW 08 Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (13/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Suasana peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah terasa di wilayah RT 19/RW 08 Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Merah putih tampak mewarnai wilayah kampung itu.

Warga kampung setempat berkreasi menghias jalan sepanjang kurang lebih 250 meter, sehingga tampak seperti lorong dengan kain warna merah putih, ditambah berbagai lampu warna-warni.

Baca Juga

Tokoh masyarakat setempat, Badrudin (54 tahun), mengatakan, ide membuat dekorasi lorong merah putih ini merupakan hasil musyawarah warga. Pembuatan lorong merah putih merupakan hasil swadaya masyarakat, tanpa sponsor dari pihak mana pun.

Kegiatan mendekorasi ruas Jalan Cipawedal menjadi semacam lorong itu merupakan yang kedua kalinya. Kali ini lorong merah putih sampai mendapat apresiasi dari Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto. Bupati menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Kampung Cibahong untuk melihat langsung lorong merah putih itu.

 

photo
Lorong merah putih di Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (13/8/2023). - (Republika/Bayu Adji P)

 

Dekorasi lorong merah putih itu membuat warga sekitar merasa banga. Apalagi, dekorasi buatan warga itu sempat viral di media sosial.

Banyak warga yang berdatangan untuk melihat langsung lorong merah putih itu, khususnya pada malam hari ketika lampu di lorong mulai kelap-kelip. Warga yang berkunjung bukan hanya dari sekitar Kecamatan Sukarame, melainkan juga dari Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar.

Tak hanya lorong merah putih. Warga Kampung Cibahong juga membuat sejumlah dekorasi untuk memeriahkan peringatan 17 Agustus, seperti ornamen burung Garuda dan lukisan tokoh proklamator kemerdekaan Indonesia.

 

photo
Dekorasi untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Kampung Cibahong, Desa Sukamenak, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. - (Republika/Bayu Adji P)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement