Jumat 18 Aug 2023 13:56 WIB

Pedagang Berharap Renovasi Pasar Sadang Serang Bandung Sesuai Target

Pedagang akan berjualan di tempat sementara selama renovasi pasar selepas kebakaran.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Kondisi area Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (7/8/2023), setelah kejadian kebakaran pada Jumat (4/8/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kondisi area Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (7/8/2023), setelah kejadian kebakaran pada Jumat (4/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Perumda Pasar Juara memastikan akan merenovasi Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, Jawa Barat, yang sebelumnya dilanda kebakaran. Renovasi pasar diharapkan bisa dimulai pada akhir Agustus ini.

Paguyuban Pedagang Pasar Sadang Serang menyambut baik rencana Perumda Pasar Juara. “Semoga pembangunan pasar bisa tepat waktu sesuai dengan apa yang dibicarakan oleh Direksi Perumda Pasar Juara Kota Bandung,” kata Aris Hermansyah, perwakilan Paguyuban Pedagang Pasar Sadang Serang.

Baca Juga

Renovasi akan dilakukan setelah kejadian kebakaran yang melanda Pasar Sadang Serang pada Jumat (4/8/2023). Dilaporkan setidaknya ada 170 kios pedagang yang terbakar. Paguyuban sebelumnya menyampaikan kesiapan para pedagang terdampak kebakaran untuk melakukan pembangunan kios secara mandiri. Pedagang juga sempat menolak rencana tempat jualan sementara karena dinilai tak memadai.

Pihak Perumda Pasar Juara, kepala pasar, serta sekitar 15 perwakilan pedagang dari Paguyuban Pedagang Pasar Sadang Serang melakukan audiensi pada Rabu (16/8/2023). Pertemuan itu dihadiri langsung Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Perumda Pasar Juara Ricky Ferlino. 

 

Dari hasil audiensi tersebut, Perumda Pasar Juara setuju akan melakukan renovasi atau membangun kembali Pasar Sadang Serang. Dengan catatan tidak dilakukan pengubahan denah pasar, maupun ukuran dan jumlah kios pedagang.

Aris mengaku menyambut baik paparan rencana dari Perumda Pasar Juara. Rencananya yang disampaikan disebut bermanfaat dan tidak memberatkan pedagang. Aris pun menyampaikan terima kasih kepada Perumda Pasar Juara.

Begitu juga kepada Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bandung Ema Sumarna dan Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan, yang disebut memberikan perhatian agar pedagang terdampak kebakaran bisa kembali berjualan.

Aris berharap rencana dari Perumda Pasar Juara untuk merenovasi Pasar Sadang Serang bisa segera direalisasikan. Sembari menunggu pekerjaan tersebut tuntas, para pedagang diarahkan berjualan di sekitar pasar, sebelum masuk tempat penampungan sementara.

Meski awalnya sempat ditolak, Aris mengatakan, tempat penampungan sementara disepakati setelah dilakukan diskusi internal para pedagang. “Tempat dan denahnya akan disepakati secara internal di antara para pedagang,” ujarnya.

Plt Direktur Utama Perumda Pasar Juara Ricky Ferlino menargetkan renovasi Pasar Sadang Serang bisa dimulai 28 Agustus 2023. Lama pengerjaan renovasi pasar itu ditargetkan selama 60 hari.

“Semoga pembangunan bisa berjalan lancar dan kami pastikan jika pedagang bisa menempati kembali kiosnya secara gratis,” kata Ricky, dalam keterangan yang diterima Republika, Rabu (16/8/2023).

Setelah proses renovasi selesai, Ricky berharap para pedagang bisa selalu menjaga kebersihan, keamanan, dan taat dalam membayar retribusi jasa pelayanan fasilitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Kami tidak ada apa-apanya tanpa pedagang. Perumda Pasar bisa berjalan karena adanya aktivitas perdagangan,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement