Ahad 20 Aug 2023 06:08 WIB

Tim SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Asal Jakarta yang Cedera di Gunung Kerinci

Pendaki dibawa turun dan dilarikan ke puskesmas terdekat.

Gunung Kerinci. Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seorang pendaki yang cedera di Gunung Kerinci.
Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Gunung Kerinci. Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi seorang pendaki yang cedera di Gunung Kerinci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Tim SAR Gabungan terdiri Basarnas Pos SAR Kerinci, Balai TNKS, Organisasi Mapala, dan warga, berhasil mengevakuasi dengan membawa turun seorang pendaki bernama Martinus (31) asal Jakarta yang mengalami cedera saat melakukan pendakian di Gunung Kerinci. Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi Martinus setelah 10 jam perjalanan.

"Setelah mendapatkan informasi pada Jumat (18/8), Tim SAR Gabungan langsung berangkat menuju lokasi kejadian yang berada di Shelter 3 kaki Gunung Kerinci pada siang hari dengan cuaca hujan ringan," kata Komandan Pos SAR Kerinci Bambang Hermawan melalui keterangan resminya yang diterima, di Jambi, Sabtu (20/8/2023).

Tim SAR Gabungan tiba di lokasi pada malam hari dan langsung melakukan penanganan awal terhadap korban Martinus untuk menstabilkan cedera pada bagian kakinya. Setelah kondisi korban stabil, kemudian tim langsung mengevakuasi menggunakan tandu yang dilakukan tim SAR Gabungan dari Shelter 3 menuju Posko R10 dengan cuaca saat proses evakuasi hujan deras sehingga mengakibatkan jalur cukup licin dan berlumpur.

Akhirnya hari ini pada pukul 10.30 WIB korban berhasil dievakuasi menuju Posko R10 dan selanjutnya dibawa menuju puskesmas terdekat menggunakan ambulans untuk dilakukan penangan medis lebih lanjut. Bambang Hermawan berterima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam proses evakuasi tersebut.

 

Sementara itu data Basarnas Jambi menyebutkan korban yang berhasil dievakuasi bernama Martinus, usia 31 tahun, agama Budha, berstatus mahasiswa dengan alamat sesuai KTP Jalan Raya Bekasi Barat Nomor 16-18, RT04/RW02, Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement