Senin 21 Aug 2023 18:18 WIB

Kebakaran di Area Gunung Paseban Bandung, Api Diduga dari Pembakaran Sampah

Empat unit kendaraan pemadam dikerahkan untuk menangani kebakaran.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran lahan terjadi di kawasan Gunung Paseban, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (21/8/2023) sore.
Foto: Dok Republika
Kebakaran lahan terjadi di kawasan Gunung Paseban, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (21/8/2023) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kebakaran lahan dilaporkan terjadi di area Gunung Paseban, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Senin (21/8/2023) sore. Empat kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk melakukan penanganan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Hilman Kadar mengatakan, kebakaran itu terjadi di kawasan Gunung Paseban wilayah Kampung Badaraksa Kidul, Kutawaringin. “Saat ini masih dalam proses pemadaman, eskalasi api sudah dapat dikendalikan,” kata dia, saat dikonfirmasi, Senin.

Baca Juga

Upaya pemadaman kebakaran disebut dilakukan bersama unsur kewilayahan, polsek, Babinsa, BPBD, juga PMI.

Hilman mengatakan, empat unit kendaraan dikerahkan untuk melakukan penanganan. Karena api sudah bisa dikendalikan, hanya satu unit yang masih di lokasi kejadian. “Dari awalnya empat kendaraan yang diterjunkan, saat ini tinggal satu unit yang berada di lokasi kejadian,” katanya.

 

Ihwal pemicu kebakaran, menurut Hilman, diduga api berasal dari aktivitas pembakaran sampah. Api dari pembakaran sampah itu merembet ke lahan lain karena terkena angin. “Terembus angin, sehingga menyebabkan timbulnya titik-titik api baru yang memperluas area kebakaran,” kata Hilman.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement