Jumat 13 Oct 2023 15:18 WIB

Kebakaran di Kawasan Gunung Sadu Bandung, Diduga Dipicu Pembukaan Lahan

Bukan kali ini saja terjadi kebakaran lahan di kawasan Gunung Sadu.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG — Kebakaran lahan terjadi di kawasan Gunung Sadu, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/10/2023) sore. Dua unit kendaraan pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penanganan. 

Kepala Seksi Damkar Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Bandung M Saepuloh mengatakan, kebakaran ini diduga dipicu aktivitas pembukaan lahan. “Ada pembukaan lahan, menebang bambu. Bambu cepat kering, sehingga ada yang bakar, (api) tidak terkendali,” kata dia, saat dikonfirmasi, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga

Saepuloh mengatakan, petugas dengan dua unit damkar diturunkan untuk memadamkan api. Menurut dia, upaya pemadaman sempat terkendala karena sumber air terbilang jauh dari lokasi kebakaran. “Kita balik ke sumber air dua kilometer dari lokasi, selokan,” kata dia.

Menurut Saepuloh, kebakaran lahan itu sudah bisa ditangani. Petugas melanjutkan dengan upaya pendinginan. Ia mengatakan, sudah terjadi tiga kali kejadian kebakaran lahan di kawasan Gunung Sadu. Ia pun mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan pada musim kemarau ini karena berpotensi meluas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement