Jumat 29 Sep 2023 20:43 WIB

Lahan Terbakar di Bukit Sadu, Soreang, Bandung

Luas lahan yang terbakar dilaporkan sekitar 1 hektare.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kebakaran lahan terjadi di perbukitan kawasan Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/9/2023).
Foto: Dok Republika
Kebakaran lahan terjadi di perbukitan kawasan Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG — Kebakaran lahan dilaporkan terjadi di wilayah perbukitan Desa Sadu, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/9/2023). Petugas pemadam kebakaran (damkar) dari sejumlah lokasi didatangkan untuk melakukan penanganan.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada Jumat petang. Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Bandung Hilman Kadar mengatakan, petugas damkar dari wilayah Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali, juga dari Soreang dan Pangalengan dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di perbukitan itu. “Area yang terbakar sekitar satu hektare,” kata dia.

Baca Juga

Menurut Hilman, kasus kebakaran lahan atau hutan di Kabupaten Bandung mengalami peningkatan saat musim kemarau. Terhitung Januari hingga Juni 2023, kata dia, kasus kebakaran lahan atau hutan hanya empat kali. Sementara sejak Juli terdata 67 kasus. “Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bandung memang ada peningkatan,” katanya.

Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Bandung mendata 298 kejadian kebakaran tahun ini. Selain 67 kejadian kebakaran hutan atau lahan, terdata 211 kasus kebakaran permukiman. Ada juga kejadian kebakaran gudang dan pabrik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement