Selasa 10 Oct 2023 22:56 WIB

Warga Meninggal saat Kebakaran Lahan di Cianjur, Diduga Sempat Tersetrum

Kebakaran lahan terjadi di kawasan galian C wilayah Kecamatan Cilaku.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Jasad.
Foto: Mgrol120
(ILUSTRASI) Jasad.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Polisi mengungkap hasil penyelidikan terkait warga yang ditemukan meninggal dunia saat kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Korban disimpulkan meninggal akibat kecelakaan.

Sebelumnya dikabarkan ditemukan seorang warga berinisial K (65 tahun) dalam kondisi meninggal dunia saat kejadian kebakaran lahan di kawasan galian C wilayah Gegerbitung, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Senin (9/10/2023). 

Baca Juga

“Hasil pemeriksaan luar tubuh, tidak ditemukan luka akibat kekerasan atau luka lainnya,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur Iptu Tono Listianto di Cianjur, Selasa (10/10/2023).

Tono menjelaskan, korban mengalami kecelakaan dan terjebak di kawasan lahan yang terbakar. Api yang memicu kebakaran lahan itu diduga dipicu dari aktivitas korban yang membakar sampah. Korban diduga panik karena api merembet ke area lahan lain dan berusaha memadamkan api.

 

Menurut Tono, korban sempat meminta tolong kepada warga yang ada di sekitar lokasi, sambil berupaya memadamkan api agar tidak sampai menjalar. Saat memadamkan api, kata Tono, korban diduga tersetrum kabel listrik yang menjuntai di lokasi kejadian, sehingga tidak sadarkan diri.

“Saat tidak sadarkan diri, api terus membesar dan membakar tubuh korban. Saat ditemukan petugas gabungan, jasad korban terlentang di atas batu besar dengan luka bakar hampir 75 persen,” ujar Tono.

Tono mengatakan, autopsi dilakukan untuk menjawab kecurigaan berbagai pihak, termasuk keluarga. Disimpulkan korban meninggal murni karena kecelakaan. 

Menurut Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur Hendra Wira Wiharja, pihaknya mendapat laporan soal kejadian kebakaran lahan di dekat kawasan galian pasir.

“Kami awalnya tidak tahu kalau ada korban atau warga yang terperangkap di padang rumput yang terbakar seluas satu hektare itu. Namun, saat berusaha memadamkan api, dibantu petugas gabungan dari BPBD dan PMI Cianjur, ditemukan jasad seorang pria,” ujar Hendra.

Hendra mengatakan, sebagian besar tubuh korban tampak terbakar. Jasad korban kemudian dievakuasi ke RSUD Cianjur.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement