Senin 21 Aug 2023 20:01 WIB

Peduli Lingkungan, Kilang Balongan Tanam 100 Cemara Laut di Pesisir Pantai

Selain memperindah lingkungan juga menghambat laju abrasi dan terjangan ombak.

Penanaman 100 bibit pohon cemara di sekitar pesisir pantai Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.
Foto: dok. Republika
Penanaman 100 bibit pohon cemara di sekitar pesisir pantai Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebagai upaya pengendalian lingkungan dari ancaman abrasi sekaligus mitigasi terhadap perubahan iklim, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan melakukan penanaman 100 bibit pohon cemara di sekitar pesisir pantai Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Penanamannya sudah dilakukan sejak Rabu (16/8/2023) yang melibatkan kelompok  Wilayah Pengelola Daur Ulang Sampah (Wiralodra) dan Forum Rembug Balongan (Forbal) yang merupakan kelompok masyarakat binaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kilang Pertamina Balongan.

Officer I CSR and SMEPP PT KPI RU VI Balongan Andromedo Cahyo Purnomo mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pertamina terhadap kelestarian lingkungan wilayah Ring 1 Kilang Balongan khususnya di pesisir pantai.

Dikatakan Andromedo, masyarakat yang dilibatkan pada penanaman pohon ini adalah kelompok masyarakat yang sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat. Oleh sebab itu, selain diberdayakan dalam program daur ulang sampah, mereka juga dilibatkan dalam proses melindungi lingkungan melalui gerakan penghijauan yakni dengan penanaman pohon.

"Semoga cemara laut ini kelak memberikan manfaat besar untuk lingkungan dan masyarakat sekitar," ujar Andromedo dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (21/8/2023).

Andromedo mengatakan, lokasi penanaman cemara yang berada di RT 06 RW 02 ini nantinya juga akan dipasang rambu-rambu evakuasi keadaan darurat mengingat lokasi penanaman letaknya juga masih disekitar wilayah operasi unit bisnis Pertamina. 

Ketua Forum Rembug Balongan (Forbal), Sumarto, menyampaikan, apresiasinya kepada Pertamina RU VI Balongan yang memiliki komitmen kuat dalam upaya melindungi lingkungan dari potensi perubahan iklim dan cuaca di masa depan.

Dikatakan Sumarto, penanaman cemara laut ini sangat tepat. Sebab, ketika tumbuh besar selain memperindah lingkungan juga dapat menghambat laju abrasi dan terjangan ombak.

Ketua Kelompok Wiralodra, Matori, juga turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas program kepedulian lingkungan yang dijalankan Pertamina RU VI Balongan.

"Semoga kegiatan ini bisa dilihat banyak kalangan termasuk anak-anak, sehingga kecintaan terhadap lingkungan bisa semakin menggelora," kata Matori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement