Selasa 22 Aug 2023 05:05 WIB

Truk Muatan Susu Kaleng Terguling di Indramayu, Warga Rebutan

Viral rekaman video warga yang berbondong-bondong mengambil susu kaleng.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Garis polisi di lokasi kecelakaan lalu lintas.
Foto: Antara
(ILUSTRASI) Garis polisi di lokasi kecelakaan lalu lintas.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Truk bermuatan susu cair kemasan kaleng mengalami kecelakaan dan terguling di jalur pantai utara (pantura) wilayah Desa Langut, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (21/8/2023). Susu kaleng yang dibawa truk itu berserakan di jalan.

Warga terlihat rebutan susu kaleng. Rekaman video warga yang berbondong-bondong datang dan rebutan susu kaleng itu viral di media sosial. Bahkan sejumlah warga tampak membawa susu kaleng itu dengan menggunakan karung maupun plastik berukuran besar.

Baca Juga

Pihak pemilik susu kaleng itu tidak mempermasalahkan tindakan warga. Susu kaleng yang berserakan itu disebut merupakan produk reject atau tidak masuk dalam penjualan. 

“Barang itu sudah tidak bisa kita pergunakan karena sudah pada bocor, sudah pada pecah. Itu barang reject. Makanya, begitu ramai-ramai diambil, ya sudah dibiarkan saja,” ujar Darsim, perwakilan perusahaan susu tersebut.

Darsim bahkan bersyukur warga berbondong-bondong datang mengambil susu kaleng yang berserakan itu. Dengan begitu, pihaknya tak perlu repot membersihkan jalan dari susu kaleng yang berserakan.

“Awalnya kita kesulitan bagaimana membuang sisa barang-barang itu. Karena kalau kami bawa pun hanya nyampahAlhamdulillahdiambilin, jadi bersih jalan, kita enggak perlu cape bersihin,” kata Darsim.

Menurut Darsim, pihaknya sudah melakukan penyortiran barang setelah kecelakaan truk pengangkut susu kaleng itu. Hasilnya, ada sekitar 30 persen yang dinilai tidak layak jual, sehingga dibiarkan diambil oleh warga. Sedangkan 70 persen muatan susu kaleng yang kondisinya masih bagus disebut tetap aman.

Ihwal kejadian kecelakaan, dilaporkan bahwa truk bermuatan susu kaleng itu awalnya melaju dari arah Jawa Timur menuju ke Cikarang. Ada dugaan sopir mengantuk sehingga truk hilang kendali dan menabrak median jalan. Truk kemudian terguling ke sebelah kiri.  

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini. Pengemudi dan kernet hanya mengalami syok,” kata Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar, melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) AKP Bagus Yudo.

Truk yang mengalami kecelakaan tunggal itu dievakuasi ke Markas Polsek Lohbener. “Kasusnya kini ditangani oleh unit Laka Lantas Satlantas Polres Indramayu,” kata Bagus.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement