Rabu 30 Aug 2023 13:00 WIB

Viral Tayamum Usap Kaki ala Moeldoko, Begini Tuntunan Tayamum 

Seseorang yang akan bertayamum hendaknya mencari tanah yang terdapat di atasnya debu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agus Yulianto
Tayamum
Foto: prayerinislam
Tayamum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko yang sholat di kereta api, tengah viral di sosial media. Netizen menyoroti cara Moeldoko yang melakukan tayamum dengan mengusap kaki. 

Akun Twitternya @ferizandra yang mengunggah video sholat Moeldoko di kereta api juga memberikan beberapa pertanyaan. Dia bertanya mengapa Moeldoko harus bertayamum ketika hendak sholat di kereta api? Padahal, menurutnya, di kereta VVIP biasanya terdapat toilet dan wastafel yang dapat digunakan untuk berwudhu. 

Baca Juga

Dia juga bertanya mengapa Moeldoko bertayamum dengan mengusap kaki/celananya? Selain itu, ia bertanya tentang mengapa aktivitas sholat Moeldoko harus divideokan?

Terlepas dari niat dan tujuan video yang memperlihatkan aktivitas Kepala Staf Kepresidenan RI yang melakukan tayamum dan sholat dalam perjalanan saat naik kereta api, para ulama telah memberikan tuntunan dalam berbagai kitab turats tentang bagaimana caranya bertayamum. Salah satunya adalah Imam Al Ghazali.

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah memberikan langkah-langkah secara detail tentang bagaimana seseorang yang hendak bertayamum. 

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa seseorang yang akan bertayamum hendaknya mencari tanah yang terdapat di atasnya debu yang murni maksudnya tidak bercampur dengan najis atau lainnya. Selain itu debunya itu suci, dan lembut. 

Setelah itu mulailah dengan meletakan telapak tangan ke tanah berdebu tersebut dengan posisi jari-jari tangan merapat. Dalam posisi tersebut, seseorang yang bertayamum mulai berniat tayamum yang dengannya diperbolehkan mengerjakan sholat fardhu. 

Lalu mengusapkan kedua telapak tangan yang sudah terdapat debunya itu ke wajah sebanyak sekali saja. Dalam mengusap wajah ini, jangan sampai memaksa untuk meratakan debu ke tempat-tempat yang ditumbuhi bulu. Misalnya, memaksa sampai menggosok-gosok janggut. Setelah mengusap wajah, tepukan punggung kedua tangan.  

Setelah itu, bila seseorang yang bertayamum menggunakan cincin, jam, dan lainnya, maka lepaslah terlebih dulu. Lalu letakan kembali kedua telapak tangan ke tanah berdebu tersebut dengan posisi jari-jari renggang. 

Lalu usapkanlah ke kedua tangan sampai siku. Teknik usapannya yaitu dengan mengusapkan tangan kiri ke tangan kanan mulai dari ujung jari bagian belakang. Usapan ini, dilakukan hingga ke siku lalu berputar ke area siku tangan bagian dalam lalu dilanjutkan usapannya hingga ke ibu jari kiri mengusap punggung ibu jari kanan.

Selanjutnya, pindah ke bagian tangan kiri, dan melakukan cara yang serupa. Setelah mengusap kedua tangan selanjutnya silangkan jari-jari tangan dan mengusap celah-celahnya. Maka tayamum pun telah selesai dilakukan.

 

 

 

photo
Ilustrasi tayamum, ilustrasi tayamum di kendaraan, ilustrasi tayamum di pesawat - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement