Rabu 30 Aug 2023 17:32 WIB

Cerita Pegawai Jamuan Soal Menu Favorit Ridwan Kamil, Ada Cuanki dan Lotek

Ridwan Kamil bukan sosok pemimpin yang gemar hidangan mewah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Iwan Gunawan, Pegawai jamuan di Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat ini bertugas menyiapkan hidangan ketika Ridwan Kamil bertugas di Gedung Sate.
Foto: dok, Republika
Iwan Gunawan, Pegawai jamuan di Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat ini bertugas menyiapkan hidangan ketika Ridwan Kamil bertugas di Gedung Sate.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masa jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan berakhir beberapa hari lagi. Selama lima tahun menjabat, tentu akan melahirkan banyak cerita bagi para pegawai di lingkungan terdekat.

Salah satunya dialami Iwan Gunawan. Pegawai jamuan di Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat ini bertugas menyiapkan hidangan ketika Ridwan Kamil bertugas di Gedung Sate.

Iwan pun menjadi sosok yang hapal betul makanan dan kudapan favorit Ridwan Kamil. Igun mengatakan, menu favorit Ridwan Kamil tak neko-neko alias menu orang kebanyakan.

"Menu favorit Pak Gubernur itu bakso, baso tahu, cuanki, lotek, dan es campur Pak Oyen. Kalau sedang rapat paling yang disediakan itu buah potong," ujar Igun, Rabu (30/8/2023).

 

Begitu juga, kata dia, untuk menu sarapan, Ridwan Kamil sering meminta untuk disediakan bubur atau kupat tahu. "Kalau sarapan yang sering itu makan bubur dan kupat tahu Gempol," kata Igun.

Menu-menu favorit ini wajib dihidangkan jika Ridwan Kamil berkantor di Gedung Sate. Tidak boleh terlewat juga minuman ringan favoritnya Coca Cola. 

"Itu favorit beliau juga, Coca Cola tanpa gula," katanya.

Sepanjang pengalamannya mengiringi aktifitas gubernur, menurut Igun, Ridwan Kamil bukan sosok pemimpin yang gemar hidangan mewah atau menu-menu sulit. 

"Alhamdulilah beliau tidak rumit. Menu itu tidak pernah ganti-ganti kecuali ada request khusus dari ajudan," katanya.

Igun hanya memastikan bahwa menu yang dihidangkan masih segar untuk disantap gubernur. Ia tidak berani menyiapkan makanan dengan jeda penyajian yang cukup lama. 

"Yang penting, beliau datang makanan harus siap, dokter juga sering mengingatkan bapak tidak boleh diberikan makanan yang mengandung minyak terlalu banyak," kata Igun.

Igun mengatakan, akan merindukan sosok Ridwan Kamil dan menu-menu sederhana favoritnya. Rindu juga akan candaan singkat yang kerap dilempar Ridwan Kamil untuknya. 

"Pak Igun, ketawa atuh jangan cemberut aja, bapak sering begitu ke saya," katanya. 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement