Sabtu 02 Sep 2023 18:08 WIB

Pertamina Project Balongan Tanam 55 Ribu Pohon Mangrove di Pantai Tiris

Bakau jenis Rhizophora mucronata mempunyai tingkat serapan tinggi terhadap karbon.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Manajemen Pertamina Project Balongan PT KPI bersama Bupati Indramayu, Nina Agustina, menanam 55 ribu batang pohon mangrove di pesisir Pantai Tiris, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jumat (1/9/2023).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Manajemen Pertamina Project Balongan PT KPI bersama Bupati Indramayu, Nina Agustina, menanam 55 ribu batang pohon mangrove di pesisir Pantai Tiris, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jumat (1/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pertamina Project Balongan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menanam 55 ribu batang pohon mangrove di pesisir Pantai Tiris, Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jumat (1/9/2023). Hal itu dalam rangka peningkatan program enviromental social givernance (ESG) Project Balongan di pesisir pantai Kabupaten Indramayu.

Penanaman dilakukan oleh Direktur Proyek Infrastruktur PT KPI, Kadek Ambara Jaya bersama Bupati Indramayu, Nina Agustina. Kegiatan itu juga diikuti oleh GM Project Balongan, Sugeng Firmanto, Pjs GM RU VI Balongan, Wahyu Sulistyo Wibowo, jajaran manajemen PT KPI, para kepala SKPD dan BUMD, pelajar serta kelompok tani.

Direktur Proyek Infrastruktur PT KPI, Kadek Ambara Jaya, mengungkapkan, pihaknya berkomitmen untuk membangun vegetasi baru, dimanapun mereka melaksanakan suatu proyek. Bahkan, membangun vegetasi harus dilakukan sebelum proyek dijalankan.  "Komitmen kami tidak berhenti sampai di sini," ujar Kadek.

GM Project Balongan, Sugeng Firmanto, menjelaskan, sebelum melakukan penanaman mangrove, pihaknya melakukan studi terlebih dahulu. Tak hanya mengenai tipe tanah yang menjadi lokasi penanaman mangrove, namun juga mengenai jenis bakau yang ditanam.

‘’Bakau yang ditanam di Pantai Tiris ini merupakan Rhizophora mucronata,’’ kata Sugeng.

Dari hasil penelitian, bakau jenis Rhizophora mucronata mempunyai tingkat serapan tinggi terhadap karbon dan dapat melindungi dari abrasi laut. Selain itu, bisa menahan gelombang laut serta memberikan dampak pada peningkatan biota laut.

‘’Selain itu, masyarakat Desa Pabean Ilir umumnya mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Jadi jenis tanaman bakau tersebut akan memberikan peningkatan terhadap ekonomi masyarakat sekitar,’’ jelas Sugeng.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengungkapkan, selain untuk mengendalikan abrasi dan menyerap karbon, mangrove juga mendukung ekowisata dan pariwisata di daerah. Hal itu akan mampu mendukung ekonomi masyarakat.

Nina pun mengapresiasi penanaman bibit pohon mangrove di Pantai Tiris yang dilakukan bersama dengan Pertamina. ‘’Saya atas nama pribadi dan Pemkab Indramayu menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah menginisiasi kegiatan tanam pohon mangrove di Pantai Tiris. Semoga selain di Pantai Tiris, akan ada pula penanaman-penanaman pohon mangrove di kawasan lain di Kabupaten Indramayu,’’ kata Nina. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement