Sabtu 09 Sep 2023 20:00 WIB

Puluhan Ribu Warga Cianjur Ikuti Jalan Sehat Merah Putih

Momentum kebangkitan olah raga Cianjur pascapandemi dan gempa

 Bupati Cianjur Herman Suherman, Ketua KONI Cianjur Abdul Azis Sefudin, Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan, dan Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah atlet berprestasi dan figur yang berjasa dalam pengembangan olah raga di Kabupaten Cianjur.
Foto: Istimewa
Bupati Cianjur Herman Suherman, Ketua KONI Cianjur Abdul Azis Sefudin, Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan, dan Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan menyerahkan penghargaan kepada sejumlah atlet berprestasi dan figur yang berjasa dalam pengembangan olah raga di Kabupaten Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Sedikitnya 32 ribu masyarakat turut memeriahkan sebagai peserta perhelatan akbar ‘Jalan Sehat Merah Putih’ pada perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 di Lapangan Prawatasari Joglo, Kabupaten Cianjur, Sabtu (9/9/2023). Ajang tersebut menjadi momentum kebangkitan olah raga Kabupaten Cianjur.

photo
Ribuan masyarakat turut memeriahkan sebagai peserta perhelatan akbar Jalan Sehat Merah Putih pada perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 di Lapangan Prawatasari Joglo, Kabupaten Cianjur, Sabtu (9/9/2023). - (Istimewa)

Bupati Cianjur Herman Suherman, Ketua KONI Cianjur Abdul Azis Sefudin, Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan, Ketua DPRD Cianjur Ganjar Ramadhan bersama para peserta mengawali langkah jalan sehat di pintu utara Alun-alun Cianjur, Jalan Suroso. Peserta lalu menelusuri Jalan Mangunsarkoro, Jalan Adi Sucipta, Jalan Siliwangi, dan finish di Jalan Pangeran Hidayatullah, Lapangan Prawatasari Joglo Cianjur.

Acara yang sekaligus juga dihelat dalam rangka memeringati HUT RI ke-78 RI dan Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-346 ini, makin semarak dengan iringan marching band dari Praja IPDN. Tidak ketinggalan senam bersama yang berlatar lagu milik Dua Anggrek 'Cikini Gondangdia' turut memeriahkan.

Ada pula puluhan stand UMKM berbagai produk unggulan Cianjur tersedia lengkap di tenda-tenda sekitar panggung. Para peserta juga tampak antusias menanti undian doorprize dengan berbagai hadiah menarik. Mulai dari televisi, sepeda hingga grand prize berupa dua unit sepeda motor dan dua tiket umroh.

Acara Jalan Sehat Merah Putih ini digelar hingga malam hari, dan diisi dengan suguhan hiburan musik dari artis kondang Tanah Air, di antaranya Yuli Daria, Susi Mozza, Ratu, Allva Band, One Eight, Sunda Woles, Putih Abu-abu, hingga J-Rocks. Di momen tersebut, KONI Cianjur juga memberikan sejumlah penghargaan bagi insan olahraga yang berprestasi, serta pihak yang berperan aktif dalam membangun olahraga di Cianjur.

Bupati Cianjur Herman Suherman menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Cianjur yang turut memeriahkan acara tersebut. ‘’Semoga perayaan Haornas ini menjadi momen kebangkitan olahraga Cianjur. Saya doakan semua warga Cianjur sehat semua dan olahraga Cianjur bangkit,’’ ujarnya.

Senada dengan Bupati Cianjur, Ketua KONI Cianjur Abdul Azis Sefudin menegaskan, perhelatan akbar ini bukan hanya sekadar seremonial atau hiburan belaka, namun dijadikan sebagai momen kebangkitan olahraga di Cianjur. Seperti diketahui, setelah dilanda Covid-19 dan bencana gempa Cianjur, masyarakat dirundung duka yang berkepanjangan.

Sontak, kondisi tersebut juga menyebabkan terhambatnya pergerakan olahraga Cianjur dalam menggapai prestasi yang maksimal. Namun kondisi tersebut tidak dijadikan alasan untuk berlarut dalam duka. Kata Azis, sudah saatnya Cianjur bangkit dalam segala bidang, khususnya kebangkitan olahraga.

Menurut Azis, kata kebangkitan yang diusung bukan hanya sekadar tagline belaka, namun diiringi dengan langkah-langkah nyata. Selain dengan memberikan penghargaan bagi belasan atlet dan insan olahraga Cianjur berprestasi dengan tujuan agar lebih termotivasi lagi dan memotivasi atlet dan insan olahraga lainnya untuk berprestasi. Salah satunya, saat ini KONI tengah fokus mendorong agar para pelatih atau guru-guru olahraga di sekolah yang masih berstatus honorer, untuk diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

‘’Mereka tergabung dalam Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas), karena guru olahraga sangat berperan penting dalam menjaring talenta atlet di usia dini,’’ tambahnya. Belum lama ini, pihaknya berkesempatan berdiskusi dengan salah satu profesor di Kemenpora yang menjelaskan, poin terpenting penunjang prestasi olahraga di daerah bukanlah sarana olahraga yang lengkap, melainkan SDM dan dan teknologi.

Untuk itu, pihaknya mengimplementasikan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD), guna membangkitkan sektor olahraga di Kabupaten Cianjur. Tak hanya itu, saat ini pihaknya gencar menggelar event-event olahraga untuk melahirkan bibit-bibit unggul di Cianjur.

Azis menambahkan, dari belasan atlet kebanggaan Cianjur yang hari ini mendapatkan penghormatan dan penghargaan, beberapa di antaranya merupakan peraih medali di ajang Sea Games Kamboja 2023. ‘’Semoga dengan prestasi yang ditorekan mereka menjadi motivasi untuk atlet lainnya agar lebih termotivasi lagi untuk terus mengharumkan nama Cianjur,’’ ungkapnya.

Pada momentum Haornas kali ini, Azis memohon doa dan dukungan untuk agenda-agenda KONI Kabupaten Cianjur yang akan datang, salah satunya Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang terakhir kali dilaksanakan pada 2013 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement