Ahad 10 Sep 2023 20:22 WIB

Relawan Gabungan Angkut Sampah di Situ Batu Karut, Sukabumi

Di sekitar Situ Batu Karut terdapat sumber air baku PDAM.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Logo Palang Merah Indonesia (PMI)
Foto: wikipedia
Logo Palang Merah Indonesia (PMI)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Puluhan relawan dari Komunitas Donor Oksigen dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi melakukan aksi bersih-bersih di Situ Batu Karut, Ahad (10/9/2023). Bermacam sampah diangkut dari danau yang berada di kawasan Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, itu.

Sejumlah relawan menggunakan perahu karet untuk menyisir sampah di Situ Batu Karut. Ada bermacam sampah yang diangkut, antara lain stirofoam, kaleng, dan botol bekas. “Kegiatan ini merupakan bentuk kampanye dan kepedulian bersama untuk kelestarian alam,” ujar Ketua Bidang Humas dan PSD PMI Kota Sukabumi Isra Yanuar Giu.

Baca Juga

Isra mengatakan, Situ Batu Karut mesti dijaga kelestariannya. Apalagi, kata dia, di sekitar danau itu terdapat sumber utama untuk air baku PDAM Kota Sukabumi. Ia berharap aksi bersih-bersih turut menjaga sumber daya air, juga mendorong masyarakat lebih peduli terhadap kondisi lingkungan.

Kebutuhan akan air bersih menjadi salah satu perhatian PMI Kota Sukabumi pada musim kemarau ini. PMI Kota Sukabumi turut menyalurkan bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan. “Operasi kemanusiaan ini dilakukan untuk warga yang saat ini mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang,” ujar Isra.

Sejauh ini, menurut Isra, PMI Kota Sukabumi sudah menyalurkan bantuan air bersih sekitar 100 ribu liter ke berbagai daerah di Kota Sukabumi. 

Dalam penyaluran bantuan itu, PMI berkoordinasi dengan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi. Di lapangan, penyaluran bantuan air bersih juga dibantu personel dari sejumlah instansi dan relawan, serta aparat kewilayahan.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement