Selasa 12 Sep 2023 15:23 WIB

Pimpinan DPRD Jabar Perkuat Aspirasi CDPOB Subang Utara

Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan warga Subang bagian utara.

Rep: Gunadi PM/M Taufik Hidayat/ Red: Sandy Ferdiana
Ketua DPRD Jabar Dr Hj Ineu Purwadewi Sundari (tengah) menjawab sejumlah pertanyaan dalam hearing dialog seputar Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Subang Utara di Fave Hotel Subang, Jalan M Tjetje Dzakaria No.92, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Selasa (12/9/2023).
Foto: Dedi Junaedi/Republika
Ketua DPRD Jabar Dr Hj Ineu Purwadewi Sundari (tengah) menjawab sejumlah pertanyaan dalam hearing dialog seputar Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Subang Utara di Fave Hotel Subang, Jalan M Tjetje Dzakaria No.92, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Selasa (12/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG – Agenda pemekaran wilayah Kabupaten Subang utara sebagai Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) kian menguat. Dalam waktu dekat, pemerintah pusat akan menerjunkan tim independen untuk meninjau Kabupaten Subang wilayah utara.

Kabupaten Subang sebagai CDPOB menjadi tema hearing dialog antara Wakil Ketua DPRD Jabar Dr Hj Ineu Purwadewi Sundari dengan perwakilan warga Kabupaten Subang di Fave Hotel Subang, Jalan M Tjetje Dzakaria No.92, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Selasa (12/9/2023). Hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Subang Narca Sukanda, Asda 1 Pemerintah Kabupaten Subang Rahmat Effendi, Ketua Presidium Subang Utara Dudi Hartono, Kabid PPM Bappeda Jabar Anne Carolina, dan Biro Pemotda Setda Jabar Azis Zulfikar.

CDPOB Kabupaten Subang Utara sudah mendapat persetujuan dari gubernur dan DPRD Provinsi Jabar sejak Juni 2023. "Kami akan bawa proses CDPOB ini ke pusat. Pak Ridwan Kamil (mantan gubernur Jabar) juga melalui partainya bisa mendorong terbentuknya Subang Utara,’’ ujar Ineu dalam hearing dialog di Kabupaten Subang, Selasa (12/9/2023).

Menurut Ineu, dalam waktu dekat ini akan ada tim independen dari pemerintah pusat untuk mengecek kesiapan Subang Utara sebagai CDPOB. Pihaknya juga akan mendorong ke DPR RI untuk memroses aspirasi CDPOB Subang Utara.

Dikatakan Ineu, dengan dijadikannya CDPOB Subang Utara, maka tingkat kesejahteraan warga Subang bagian utara bisa lebih terangkat. Jika nanti menjadi DOB, pihaknya berharap taraf perekonomian warganya bisa meningkat.

‘’Jumlah pengangguran harus berkurang. Layanan publik lainnya harus lebih mudah,’’ tambahnya. Mengingat, tutur dia, sumber pendapatan dari Subang utara sangat besar. Bahkan, lanjut dia, termasuk Subang bagian selatanpun ada potensi ekonomiya dari sektor pariwisata.

Sementara dari Biro Pemotda Setda Jabar Azis Zulfikar menambahkan, diharapkan pemerintah pusat juga sejalan dengan aspirasi warga termasuk pemerintahan Provinsi Jabar yang telah memberi dukungan terhadap CDPOB Subang Utara. Dia menyatakan, tujuan dari CDPOB yakni untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.

‘’Kami akan terus lakukan lobi-lobi ke Kementerian Dalam Negeri, karena jalur kami ke eksekutif,’’ ujar Azis. Bahkan, ungkap dia, pemerintah pusat akan menerjunkan tim independen yang terdiri dari Bappenas, Kemendagri, akademisi, dan unsur perwakilan dari Kabupaten Subang.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement