Kamis 14 Sep 2023 13:26 WIB

Gerindra Akui Ridwan Kamil Dipertimbangkan Jadi Cawapres Prabowo 

Pertemuan antara Prabowo dan Ridwan Kamil dilakukan dalam rangka silaturahmi. 

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Pemenangan Pemilu DPP Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono.
Foto: Dok DPR
Juru Bicara Pemenangan Pemilu DPP Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono mengakui, Koalisi Indonesia Maju mempertimbangkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan usai Ridwan Kamil menyambangi kediaman Prabowo pada Rabu (13/8/2023) malam. 

"Pak Ridwan Kamil namanya baik dan harum. Semua dipertimbangkan sebagai kemungkinan (untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo)," kata Budisatrio kepada wartawan, Kamis (14/9/2023). 

Budi menuturkan, para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) kini masih mendiskusikan cawapres yang tepat untuk mendampingi Prabowo. Keputusan akhir ihwal sosok cawapres akan diumumkan pada waktu yang tepat. 

Budi juga menjelaskan, bahwa pertemuan antara Prabowo dan Ridwan Kamil tadi malam dilakukan dalam rangka silaturahmi. Dua tokoh itu makan malam bersama di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Dia menyebut, pertemuan tersebut terjadi karena Ridwan Kamil merupakan bagian dari KIM mengingat posisinya kini sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Selain itu, Prabowo merupakan warga Jawa Barat karena kediaman utamanya di Hambalang, Bogor. 

"Pak Ridwan Kamil merupakan kader Golkar yang juga bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang baru saja purnatugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Kebetulan Pak Prabowo juga warga Jawa Barat," ujar keponakan Prabowo itu. 

Pertemuan antara Prabowo dan Ridwan Kamil itu awalnya diketahui lewat sejumlah foto yang diunggah di akun Instagram resmi Prabowo, @prabowo yang telah terverifikasi. Tampak kedua tokoh tersebut makan malam bersama sembari bercengkrama di sebuah ruangan yang dilengkapi berbagai hidangan. 

Dalam unggahan tersebut, Prabowo juga mengunggah foto cilok, yang merupakan makanan khas Jawa Barat. Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, cilok tersebut merupakan oleh-oleh dari Ridwan Kamil. 

"Tuang sareng Kang Emil, hatur nuhun kanggo oleh-oleh cilokna. Raos Pisan. (Makan bareng Kang Emil, terima kasih atas oleh-oleh ciloknya. Gurih banget)," kata Prabowo di keterangan unggahannya. 

Pertemuan antara Prabowo dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu terjadi saat para capres sedang dikejar waktu untuk menentukan cawapres pendamping karena pendaftaran akan dibuka kurang dari satu bulan lagi. Kini, Prabowo dan Capres PDIP Ganjar Pranowo sama-sama belum menentukan cawapres. 

Adapun Ridwan Kamil belakangan santer dikabarkan akan menjadi cawapres pendamping Ganjar, meski Partai Golkar telah menyatakan dukungan kepada Prabowo. Kabar itu berembus usai Kamil purnatugas sebagai gubernur dan menyebut akan ada breaking news tentang dirinya dalam pekan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement