Selasa 19 Sep 2023 10:56 WIB

Warga Sekitar Jalur Kereta Cepat Berharap Harga Tiket Lebih Murah

Harga tiket atau tarif penumpang kereta cepat masih dibahas.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Suasana Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, saat masa uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung, Senin (18/9/2023).
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Suasana Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, saat masa uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung, Senin (18/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung sudah beberapa hari berjalan. Selain masyarakat yang mendaftar secara daring, warga yang berada di sekitar jalur kereta cepat pun berkesempatan untuk menjajalnya secara gratis.

Rencananya, uji coba publik kereta cepat ini dilakukan hingga 30 September 2023. Ela (49 tahun), warga Babakan Cimekar, yang kediamannya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, berkesempatan mencoba kereta cepat pada Senin (18/9/2023). Ela mengaku antusias menaiki kereta cepat menuju Stasiun Halim, Jakarta.

Baca Juga

Hari itu juga menjadi pengalaman pertama Ela mengunjungi ibu kota Jakarta. “Ini baru pertama, soalnya orang sini asli. Makanya senang banget,” kata Ela, saat ditemui Republika di Stasiun Tegalluar.

Ditanya soal minatnya menggunakan kereta cepat setelah masa uji coba berakhir, Ela mengaku masih ragu. Melihat fasilitas dan waktu tempuh perjalanan yang terbilang singkat, Ela melihat kemungkinan tarif kereta cepat akan tinggi. 

 

Namun, Ela berharap ada kebijakan harga tiket bagi warga sekitar jalur kereta cepat. Dengan begitu, diharapkan warga dapat memanfaatkan lebih lanjut kereta cepat.

Penginnya kalau warga yang dekat mah bisa lebih murahlah tiketnya. Karena pasti tiketnya mahal ya kalau buat warga menengah ke bawah, ya lumayan sulit. Kalau bisa warga yang dekat mah lebih murah,” ujar Ela.

Manager Corporate Communication PT Kereta Api Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan, harga tiket atau tarif penumpang kereta cepat Jakarta-Bandung ini masih dibahas. Saat ditanya kemungkinan harga tiket yang berbeda bagi warga di sekitar jalur kereta cepat, ia menyebut kajiannya belum sampai ke sana.

“Belum sampai sana. Tapi, nanti pasti ada program khusus untuk mengajak agar semakin banyak masyarakat yang mencoba dan menggunakan (kereta cepat),” kata Emir, saat ditemui Republika di Stasiun Tegalluar, Senin (18/9/2023).

Berikut fasilitas dan perkiraan harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung, yang masih dalam pembahasan: 

Kelas VIP

Kelas tiket VIP kereta cepat Jakarta-Bandung dikabarkan memiliki konfigurasi 18 kursi dalam satu keretanya. Pengaturan tempat duduknya 1-2. Kursinya dibuat khusus dari bahan faux leather, dengan motif bordir batik Megamendung, yang dipadukan warna abu-abu untuk memberikan nuansa elegan dan eksklusif.

Harga tiket untuk kategori VIP diperkirakan sekitar Rp 350 ribu per penumpang. Adapun fasilitas yang tersedia, antara lain Wi-fi, USB charger, displai informasi perjalanan, bagasi penyimpanan barang, dan footrest penumpang.

Kelas 1

Kategori tiket kelas 1 atau first class dikabarkan memiliki 28 kursi per keretanya. Pengaturan tempat duduknya 2-2. Harga tiket untuk kategori kelas ini diperkirakan sekitar Rp 300 ribu per penumpang. Adapun fasilitas yang tersedia, antara lain Wi-fi, USB charger, displai informasi perjalanan, bagasi penyimpanan barang, dan footrest penumpang. 

Kelas 2

Kategori kelas 2 dikabarkan disiapkan 555 kursi. Pengaturan tempat duduknya 3-2. Harga tiket kategori ini diperkirakan mulai dari Rp 250 ribu per penumpang. Adapun fasilitas yang tersedia, antara lain Wi-fi, USB charger, displai informasi perjalanan, dan bagasi penyimpanan barang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement