Senin 02 Oct 2023 12:32 WIB

'AKI 2023' Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat

Dalam pameran itu, 10 di antaranya merupakan pelaku UMKM lokal asli Karawang.

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI, Restog Krisna Kusuma menyampaikan, terdapat 27 pelaku ekonomi kreatif yang hari ini mengikuti pameran AKI di Karawang.
Foto: dok. Republika
Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI, Restog Krisna Kusuma menyampaikan, terdapat 27 pelaku ekonomi kreatif yang hari ini mengikuti pameran AKI di Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Puluhan pelaku usaha ekonomi kreatif dari berbagai daerah tampil dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang dihelat di Resinda Park Mal Karawang, Jawa Barat. Pameran AKI di Karawang merupakan pelaksanaan pameran yang ke-14 dari total 16 titik di berbagai daerah di Indonesia yang telah ditentukan.

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI, Restog Krisna Kusuma menyampaikan, terdapat 27 pelaku ekonomi kreatif yang hari ini mengikuti pameran AKI di Karawang. Di mana 10 di antaranya merupakan pelaku UMKM lokal asli Karawang, mulai dari kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

“Dari 27 finalis di pameran Karawang ini 10 dari Karawang, artinya Karawang cukup mendominasi. Para finalis ini merupakan best of the best dari yang kita kurasi sebanyak 7.041 pendaftar dengan total finalis 433 pelaku usaha kreatif,” seru Restog dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (2/10/2023).

Ditegaskannya, pameran AKI 2023 tidak akan berakhir sampai pameran di level Kota/Kabupaten, tapi para finalis dari masing-masing kota akan dipilih kembali untuk mengikuti pameran nasional di Pekan Puncak Aki 2023.

Direktur Kuliner Kriya Desain dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Yuke Sri Rahayu menambahkan, output dari pameran ini diharapkan bisa membuat pelaku UMKM kreatif bisa naik kelas.

Sebab sebelum ditampilkan dalam pameran AKI 2023, para peserta di-mentoring dan dilakukan choacing clinic mulai dari kemasan produknya, kebersihan maupun kualitas mutunya.

“Kita harapkan melalui pameran ini, produk para pelaku ekonomi kreatif bisa lebih dikenal masyarakat luas. Kami juga mengajak masyarakat Karawang untuk bisa turut membeli produk mereka,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement