Rabu 04 Oct 2023 10:23 WIB

Ratusan Pohon Bambu Terbakar di Suganangan Kuningan

Diduga ada oknum yang melakukan pembakaran dan meninggalkannya.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.
Foto: Dok Damkar Kuningan
(ILUSTRASI) Kebakaran lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Sekitar 350 pohon bambu milik warga terbakar saat kebakaran lahan di wilayah Dusun Wage, Desa Suganangan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kebakaran diduga dipicu aktivitas oknum yang melakukan pembakaran.

Informasi dari UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan, kebakaran lahan kebun bambu itu dilaporkan terjadi pada Selasa (3/10/2023), sekitar pukul 19.45 WIB.

Baca Juga

Menurut Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti, lahan yang dilanda kebakaran kurang lebih 490 meter persegi. “Kejadian kebakaran diketahui oleh warga yang melintas dan melihat ada api yang telah membakar lahan tersebut dan mulai mendekati area permukiman,” kata Khadafi, Selasa (3/10/2023).

Api juga dilaporkan membakar sampah yang berada di tebing samping jalan. Petugas damkar mengalami kendala dalam melakukan pemadaman api yang berada di area tebing. Lokasi titik api yang membakar daun bambu kering dan sampah itu ketinggiannya sekitar 25 meter, serta tertutup pohon bambu.

“Hal itu perlu kewaspadaan dan menyulitkan anggota damkar dalam penanganan kebakaran lahan ini,” kata Khadafi.

Meski mengalami kendala, petugas damkar akhirnya bisa memadamkan api. Upaya pendinginan kemudian dilakukan untuk memastikan api tidak muncul kembali.

“Setelah dilakukan pengumpulan bukti, penyebab kebakaran diduga akibat orang yang melakukan pembakaran kemudian meninggalkannya. Api jadi menjalar dan menimbulkan kebakaran,” kata Khadafi.

Menurut Khadafi, kejadian kebakaran yang dipicu aktivitas pembakaran sering kali terjadi. Karenanya, kata dia, diperlukan pengawasan dan penindakan hukum secara tegas terhadap pelaku pembakaran lahan.

“Kami mendorong upaya pihak berwajib atau pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan secara tuntas agar hal serupa tidak terjadi,” kata Khadafi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement