Rabu 04 Oct 2023 16:55 WIB

 Akses Jalan di Desa Cinagara Garut Terputus Akibat Longsor 

Tanah longsor itu diakibatkan adanya pergerakan tanah di wilayah tersebut. 

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus Yulianto
Petugas gabungan melakukan pembersihan material tanah longsor di desa. (Ilustrasi)
Foto: Dok. BPBD Kota Batu
Petugas gabungan melakukan pembersihan material tanah longsor di desa. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di Desa Cinagara, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, pada Selasa (3/10/2023). Akibatnya, jalan yang menghubungkan dua kampung di desa itu terputus. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Daris Hilman mengatakan, bencana tanah longsor itu terjadi pada Selasa sekitar pukul 19.30 WIB. Berdasarkan keterangan warga, tanah longsor itu diakibatkan adanya pergerakan tanah di wilayah tersebut. 

"Tim kami sekarang sedang melakukan asesmen di lapangan," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Rabu (4/10/2023).

Berdasarkan hasil asesmen sementara, jalan penghubung antarkampung itu terputus akibat tanah longsor. Selain itu, terdapat dua rumah warga yang terancam.

Meski begitu, Daris mengatakan, tak ada warga yang terisolasi akibat terputusnya akses jalan tersebut. Pasalnya, masih ada akses alternatif yang dapat dilintasi warga. "Warga tidak terisolasi," ujar dia.

Dari laporan sementara, terjadinya pergeseran material tanah longsor menutup jalan sepanjang sekitat 150 meter dengan tinggi longsor sekitar 50 meter. Alhasil, jalan penghubung antara Kampung Balapulang dan Kampung Bojongkondang Desa Cinagara terputus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement