Ahad 08 Oct 2023 14:27 WIB

Pemerintah Kota Bandung Gelar Vaksinasi Rabies Gratis

Layanan ini untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

Veteriner menyuntik vaksin rabies pada kucing saat vaksinasi rabies gratis (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Veteriner menyuntik vaksin rabies pada kucing saat vaksinasi rabies gratis (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Jawa Barat menggelar pelayanan vaksinasi rabies gratis. Layanan ini untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

Pelayanan vaksinasi rabies untuk hewan diadakan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung pada Ahad ini, 8 Oktober 2023. "DKPP sudah memberikan 400 vaksin lebih," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gin Gin Ginanjar.

Selain menyediakan pelayanan vaksinasi rabies, dinas memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan dan sterilisasi kucing. "Kita memberikan sterilisasi bagi kucing, yang diberikan secara gratis. Untuk kuotanya hari ini sebanyak 20 hewan," katanya.

Gin Gin menyampaikan, peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini mencakup kampanye untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi rabies pada hewan peliharaan. "Bandung kota besar serta pemelihara hewannya juga cukup banyak, maka kewaspadaan harus ditingkatkan, salah satunya dengan pemberian vaksin rabies," kata dia.

 

Menurut dia, wilayah Kota Bandung saat ini sudah bebas dari penyakit rabies. Namun, pemerintah tetap berusaha mempertahankan status itu dengan dukungan dari masyarakat.

Rabies termasuk zoonosis, penyakit hewan yang dapat menular ke manusia. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus rabies ini bisa menular melalui gigitan, jilatan, atau cakaran hewan seperti anjing, kucing, monyet, dan kera.

Guna mencegah penularan penyakit rabies atau penyakit anjing gila, vaksinasi rutin harus dilakukan pada hewan peliharaan yang bisa menularkan virus rabies. Vaksinasi rabies juga diperlukan oleh orang-orang yang berisiko tertular virus rabies.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement