Selasa 24 Oct 2023 23:28 WIB

Bey Machmudin Sebut Tahun Ini Baznas Jabar Ditargetkan Rp 3,6 Triliun

Pj Gubernur Jabar apresiasi Baznas yang selalu lampaui target

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat diwawancara terkait HSN 2023 di Kota Tasikmalaya, Ahad (22/10/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat diwawancara terkait HSN 2023 di Kota Tasikmalaya, Ahad (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar, yang dinilainya selalu melampaui target. 

Selain itu, Bey juga mengapresiasi transparansi publik pihak Baznas Jabar dalam menginformasikan jumlah zakat yang masuk dan yang sudah terdistribusi kepada masyarakat. 

"Saya mengapresiasi Baznas Jabar karena selalu melampaui target yang ditentukan. Tahun ini target Rp 3,6 triliun, tadi pagi saya baca di website nya sudah terkumpul Rp3,2 triliun, sekarang sudah Rp3,4 triliun,” ujar Bey usai membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BAZNAS Se-Jawa Barat di Hotel Grand ASTON Puncak, Kabupaten Cianjur, Selasa (24/10/2023). 

Menurut Bey, target pengumpulan zakat dari Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Jabar tahun 2022 adalah Rp1,6 triliun dan tercapai 230 persen dari target, dengan total penghimpunan mencapai Rp 3,68 triliun. 

Sedangkan target pendistribusian zakat di tahun 2022, kata Bey, sebesar Rp25,27 miliar dan tercapai 155,21 persen dari target, dengan realisasi pendistribusian zakat tahun 2022 mencapai Rp39,2 miliar. 

“Saya juga mengapresiasi adanya keterbukaan, transparansi dalam laporan keuangan karena tadi di website nya semua serba jelas. Terima kasih untuk BAZNAS tak hanya mengumpulkan dan menyalurkan, tapi juga pertanggungjawabannya jelas,” paparnya.

Apresiasi juga datang dari salah satu pimpinan Baznas RI Rizaludin Kurniawan. Menurutnya, BAZNAS Jabar merupakan yang terbaik se-Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya capaian prestasi pada BAZNAS Award 2023. 

Rizaludin mengatakan, pihaknya menerima undangan Rakorda Baznas di hampir seluruh provinsi lain se-Indonesia. Namun menurutnya Baznas Jabar merupakan salah satu provinsi yang cepat dan gesit mengadakan rakorda. 

“(Baznas Jabar) mendapat tujuh anugerah Baznas Award dan saya kira favorit terbanyak se-Indonesia, terbaik se-Indonesia karena kekompakan tim. Mudah-mudahan seluruh Baznas kabupaten kota bisa mencontoh kekompakan pimpinan Baznas provinsi ini,” papar Rizaludin.

Pada Baznas Award 2023, Baznas Jabar memboyong tujuh penghargaan Kategori Baznas Provinsi, yakni Kelembagaan Terbaik, Pengumpulan Digital Terbaik, Perencanaan Terbaik, Pengumpulan On Balance Sheet dan Off Balance Sheet Terbaik, Program Dakwah Terbaik, Program Ekonomi Terbaik, serta Terbaik Pencetak Muzaki dari Mustahik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement