Selasa 14 Nov 2023 15:38 WIB

Lakukan Pelanggaran Etik, PDIP Berhentikan Bobby Nasution dari Keanggotaan Partai

Wali Kota Medan itu telah melakukan pelanggaran kode etik dan disiplin anggota partai

Wali Kota Medan Bobby Nasution mendatangi Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jakarta, Senin (6/11/2023).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wali Kota Medan Bobby Nasution mendatangi Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Jakarta, Senin (6/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi memberhentikan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, dari keanggotaan partai. Hal tersebut termaktub dalam surat DPC PDIP Kota Medan nomor 217/IN/DPC-29.B-26.B/XI/2023 

Surat tertanggal 10 November itu ditandatangani oleh Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim dan Sekretaris DPC PDIP Kota Medan Roby Harus. Wali kota Medan itu dinyatakan telah terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan disiplin anggota partai.

"Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," tertulis dalam surat tersebut, dikutip Selasa (14/11/2023).

Dalam surat tersebut juga dijelaskan, DPP PDIP sudah melakukan pemanggilan terhadap Bobby pada 6 November 2023. Saat itu, ia diberi waktu selama tiga hari untuk menyerahkan kartu tanda anggota (KTA) dan mengundurkan diri secara resmi.

"Sampai batas waktu yang diberikan oleh DPP Partai bahwa Sdr. Muhammad Bobby Afif Nasution belum juga menyerahkan surat pengunduran diri dan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan," demikian tertulis dalam surat tersebut.

Diketahui, Barisan Pengusaha Pejuang mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Organisasi tersebut dipimpin oleh menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

"Kami Barisan Pengusaha Pejuang dengan ini menyatakan mendukung, memilih, dan memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran untuk menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029," kata Bobby selaku ketua umum Barisan Pengusaha Pejuang mendeklarasikan dukungan di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta.

Dalam sambutannya, Bobby menuturkan bahwa Prabowo di hati seluruh pengusaha anggota Barisan Pengusaha Pejuang yang tersebar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Sebab, program-program yang diusung Prabowo juga sesuai dengan visi Barisan Pengusaha Pejuang.

Salah dua di antaranya adalah Prabowo mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan melanjutkan program hilirisasi yang dirintis Presiden Jokowi. Wali kota Medan itu menambahkan, Barisan Pengusaha Pejuang mendukung Prabowo-Gibran juga karena Prabowo sepanjang kariernya menunjukkan jiwa kesatria dan punya integritas.

"Dan alhamdulillah Bapak Prabowo hari ini membuktikan bagaimana Pak Prabowo percaya Mas Gibran untuk menjadi calon wakil presiden Pak Prabowo," ujar Bobby.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement