Rabu 15 Nov 2023 09:53 WIB

IKA Unpad Ajak 300 Ribu Alumni Berperan Kembangkan IKN

Keterlibatan publik atau masyarakat di dalam pembangunan IKN sangat terbuka luas.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara,  Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ikatan Alumni (IKA) Unpad mengajak seluruh alumni untuk berperan dalam membangun dan mengembangkan Ibu Kota Nusantara (IKN). Apalagi, keterlibatan publik atau masyarakat di dalam pembangunan IKN sangat terbuka luas.

Ketua Umum Ika Unpad, Irawati Hermawan, mengatakan kebijakan tentang pembangunan IKN tertuang dalam Undang-Undang No 21 Tahun 2023. Semua pihak berkewajiban untuk mendukung pembangunan tersebut.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam setiap kesempatan, ia mengatakan, sering menyebutkan bahwa dana pembangunan IKN berasal dari APBN dan swasta. Dengan begitu, Irawati mengatakan, terbuka peluang bagi masyarakat khususnya alumni Unpad untuk berkontribusi.

"Jadi sangat terbuka luas untuk alumni berinvestasi atau mengembangkan usahanya di IKN,” ucap dia melalui keterangan resmi yang diterima di Bandung belum lama ini.

Dia mengatakan, turut hadir pada acara Public Private Partnership (PPP) forum bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Balikpapan pada 6-7 November 2023 lalu. Ira mengatakan, pada acara itu hadir berbagai pihak mulai dari pemerintah, lembaga multilateral, institusi keuangan, dan sektor swasta.

Ira melanjutkan, dalam acara tersebut Deputi Bidang Pendanaan dan  Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, mengajak para calon investor  untuk berpartisipasi dalam skema KPBU, khususnya pada sektor pendidikan, Smart City, Water Management, dan Waste Management.

Dengan melihat peluang yang ada, Ira merasa terpanggil untuk membantu IKN dengan mentransmisikan proyek-royek infrastruktur melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha. Ia berharap pengalamannya dapat diaplikasikannya di IKN.

"Mudah-mudahan pengalaman saya ini bisa diaplikasikan untuk kesuksesan pembangunan di IKN yang kebetulan skemanya adalah KPBU yang sering saya kerjakan,” kata Founder Irawati Hermawan Juniarto & Partner (Deloitte).

Ira mengajak, kembali alumni yang tergabung dalam Ika Unpad untuk bersama-sama ikut serta membangun IKN. Dengan anggota yang kini mencapai 300 ribu lebih dan dengan berbagai latar belakang usaha, ia menilai hal itu menjadi sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan.

“Saya pikir ini potensi luar biasa yang bisa dimanfaatkan oleh alumni  terutama yang tergabung dalam Ika Unpad untuk ikut membangun dan berusaha di IKN,” ucap dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement