Jumat 17 Nov 2023 10:47 WIB

Longsor di Pabuaran Sukabumi, Jalan Lingkungan Terputus dan Lahan Pertanian Terdampak

Dilaporkan ada enam keluarga yang terdampak putusnya akses jalan lingkungan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Bencana.
Foto: Dok Republika.co.id
(ILUSTRASI) Bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Bencana longsor terjadi di wilayah Desa Sukajaya, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Longsor mengakibatkan akses jalan lingkungan terputus dan berdampak terhadap lahan pertanian.

Berdasarkan informasi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, bencana longsor terjadi pada Kamis (16/11/2023). “Longsor yang terjadi sekitar pukul 06.30 WIB ini dipicu akibat guyuran hujan deras,” ujar Manajer Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna.

Baca Juga

Longsor mengakibatkan jalan lingkungan di Kampung Selaawi, Desa Sukajaya, terputus. Daeng mengatakan, berdasarkan laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Pabuaran, kontur tanah di wilayah tersebut terbilang labil, sehingga ketika turun hujan deras meningkatkan risiko longsor.

“Selain merusak akses jalan, bencana longsor juga menggerus lahan pertanian padi dengan luas sekitar 200 meter persegi,” kata Daeng.

 

Daeng mengatakan, terputusnya akses jalan lingkungan menghambat mobilitas enam kepala keluarga (KK). Selepas kejadian bencana, P2BK Pabuaran langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan. “Jalan belum bisa dilalui dan rencananya akan dibuat jembatan sementara,” kata Daeng.

Menurut Daeng, untuk mencegah longsor susulan, dibutuhkan karung dan beronjong. Petugas juga sudah mengingatkan kepada warga sekitar agar tetap mewaspadai potensi bencana, terlebih ketika turun hujan deras. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement