Senin 20 Nov 2023 18:09 WIB

Mahasiswi ITB Jadi Joki Tes CPNS Kejaksaan

RT menerima pesanan sebagai joki dari dua peserta peserta tes CPNS Kejaksaan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Karta Raharja Ucu
Tes CPNS. Mahasiswi ITB ditangkap polisi karena menjadi joki CPNS Kejaksaan tahun 2023.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tes CPNS. Mahasiswi ITB ditangkap polisi karena menjadi joki CPNS Kejaksaan tahun 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Mahasiswi ITB berinisial RT (20 tahun) diamankan polisi setelah kedapatan menjadi joki tes masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) kejaksaan tahun 2003. RT diduga menerima pesanan sebagai joki dari dua peserta peserta tes CPNS Kejaksaan yang berasal dari Lampung dan Palembang.

"RT menjadi joki tes CPNS untuk dua orang peserta, tetapi berbeda hari. Semuanya untuk ujian atau tes CAT CPNS Kejaksaan tahun 2023," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah Astutik dalam keterangan persnya, Senin (20/11/2023).

Dari hasil pemeriksaan penyidik, muncul dua nama peserta tes CPNS Kejaksaan tahun 2023 yang menggunakan jasa RT. Dua peserta tersebut yakni N warga Kabupaten Lampung Tengah, dan D warga Palembang.

Umi mengatakan, joki RT melakukan penyamaran saat menjadi peserta N dalam tes CPNS Kejaksaan Tahun 2023 di Gedung Graha Achava Join Jl Pramuka Nomor 27, Gang Bukit Alam Permai, Rajabasa, Bandar Lampung, Jumat (10/11/2023). "Hari itu sebenarnya RT juga tidak lolos saat verifikasi identitas dengan data di server. Tapi dia berhasil kabur," kata Umi.

Joki perempuan tersebut dapat tertangkap petugas, saat datang lagi ke lokasi ujian untuk peserta D, warga Palembang pada Senin (13/11/2023). "Pada pelaksanaan hari Senin ini, RT kembali tidak lolos saat dicek identitasnya dengan data di server, dia langsung diamankan," kata Umi.

Umi menambahkan, hingga saat ini penyidik Ditreskrimsus Polda Lampung masih melakukan pendalaman untuk membongkar jaringan joki tersebut. Petugas masih mengembangkan kasus perjokian ini untuk mengungkap kemungkinan ada pelaku lain yang menjadi jaringan perjokian tes CPNS.

Polda Lampung masih memburu tiga orang terduga pelaku lain atas kasus perjokian tes CPNS Kejaksaan tahun 2023 yang terungkap di Lampung. Polisi menyebut tiga orang ini bagian dari tim RT yang telah ditangkap sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement