Rabu 22 Nov 2023 21:38 WIB

Kapolres Indramayu Hadiri Kirab Pemilu 2024

Tujuan dari kirab pemilu itu adalah untuk mensosialisasikan pemilu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, hadiri Kirab Pemilu Tahun 2024, Rabu (22/11/2023).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, hadiri Kirab Pemilu Tahun 2024, Rabu (22/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kirab Pemilu Tahun 2024 digelar di Kabupaten Indramayu, Rabu (22/11/2023). Acara itu juga mencakup penandatanganan Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu. Dalam kirab pemilu itu, lebih dari 3.000 peserta turut berpartisipasi, termasuk perwakilan partai politik, penyelenggara pemilu, dan pemilih pemula.
 
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, juga turut hadir beserta Forkopimda Kabupaten Indramayu turut hadir dalam kegiatan kirab dan ikut menandatangani Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa. Tujuan dari kirab pemilu itu adalah untuk mensosialisasikan pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.
 
Selain itu, acara tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, partai politik yang akan ikut serta dalam pemilu mendatang.
 
photo
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, hadiri Kirab Pemilu Tahun 2024, Rabu (22/11/2023). - (Dok Humas Polres Indramayu)
 
 
Selama kirab, peserta dan pemilih pemula diberikan pemahaman mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu dan bagaimana menggunakan hak suara dengan bijak. "Kirab pemilu ini tidak hanya menjadi ajang sosialisasi, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkenalkan partai politik kepada masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dengan penuh kesadaran demi terwujudnya pemilu yang bersih, jujur, dan demokratis,’’ ujar Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar melalui Kasi Humas Polres Indramayu, Ipda Tasim.
 
Dengan kehadiran tokoh-tokoh penting seperti kapolres Indramayu, diharapkan kirab pemilu itu dapat memberikan dampak positif dalam memotivasi masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi melalui pemilu.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu melanjutkan Kirab Pemilu 2024, Rabu (22/11/2023). Hal itu setelah mereka menerima Panji Kirab jalur V dari KPU Kabupaten Cirebon.
 
Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Indramayu dimulai dari Kantor KPU Kabupaten Indramayu, Jalan Soekarno Hatta dan mengelilingi sejumlah ruas jalan di Indramayu.
 
Ada sekitar 3 ribu peserta yang mengikuti kirab. Mereka merupakan perwakilan seluruh partai politik, Forkopimda, Panitia Pengawas dari tingkat kecamatan sampai desa hingga perwakilan pemilih pemula dari kalangan siswa SMA.
 
Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Masykur, mengatakan, tujuan digelarnya Kirab Pemilu itu untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024. Selain itu, untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai partai politik peserta pemilu.
 
Tak hanya itu, melalui kirab tersebut, masyarakat juga diajak untuk menggunakan hak suaranya pada pemilu nanti. Namun, jangan sampai bercerai berai akibat berbeda pilihan.
 
"Kami juga berharap seluruh masyarakat di Indramayu jangan golput, sampaikan hak suara anda,’’ kata Masykur.
 
Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Indramayu sebanyak 1.373.667 jiwa.
 
Masykur menambahkan, Kirab Pemilu rencananya akan diselenggarakan selama empat hari di Kabupaten Indramayu. Setelah itu, akan langsung diserahkan ke KPU RI di Jakarta. 
 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement