Senin 27 Nov 2023 15:40 WIB

Kapolri Minta Provokasi Dihentikan Usai Bentrokan Massa Pro Palestina-Israel di Bitung

Sigit berharap masyarakat di Bitung untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Rep: Febryan A/ Red: Karta Raharja Ucu
Laskar Manguni membawa pedang mengejar peserta Aksi Bela Palestina di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu (25/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Laskar Manguni membawa pedang mengejar peserta Aksi Bela Palestina di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu (25/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merespons bentrokan yang terjadi antara kelompok masyarakat yang diduga terkait dukungan terhadap Palestina dan Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Sigit meminta masyarakat menghentikan provokasi agar kerukunan kembali terjaga di Bitung.

"Terkait dengan adanya provokasi-provokasi, kita minta untuk dihindarkan sehingga semangat yang terkait dengan apa yang disampaikan jangan membuat kemudian memecah belah kerukunan yang ada," kata Sigit kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Sigit berharap masyarakat di Bitung untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Di sisi lain, Sigit memastikan semua jajarannya terus mengimbau masyarakat agar bentrokan tak terulang di Bitung.

"Yang jelas sampai dengan hari ini Gubernur, Pangdam, Kapolda, dan seluruh stakeholder bersama-sama untuk mengimbau agar peristiwa yang terjadi tidak terulang lagi," kata Sigit.

Bentrok di Bitung terjadi pada Sabtu (25/11/2023) sore. Bentrokan terjadi antara massa aksi bela Palestina dan sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas). Akibatnya, satu orang meninggal dunia dan dua luka-luka.

Polisi setempat sudah menangkap tujuh terduga pelaku. Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto menyebutkan kondisi Kota Bitung saat ini aman dan terkendali.

"Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Kota Bitung dan umumnya masyarakat Sulut serta seluruh masyarakat Indonesia, sampai dengan malam ini situasi dan kondisi di wilayah Kota Bitung aman dan terkendali,” katanya saat memberikan keterangan pers di Markas Polres Bitung, Ahad (26/11) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement